Senin, 01 Desember 2008

3 hari yang asik

Buat sebagian orang, wiken adalah moment dimana kita bisa bangun tidur lebih siang dari biasanya. Misalnya ? Saya, suami dan Aurele juga kadang2. Kalau biasanya wiken itu kita bisa bangun tidur jam 7.30 - 8.00 pagi, wiken kemarin gak berbeda. Kesibukan dah dimulai dari jam 6 pagi hari, tumben-tumbenan nih. Iya, pagi itu giliran saya ketemu lagi dengan si dokter ganteng aka Dr Uf Bagazi untuk USG 4D (soale Prof Nugroho cuman ada yang 2D) n berhubung saya dan suami penasaran tuk liat kecanggihan USG 4D, maka dibela-belain deh bangun pagi tuk bisa nyampe di RS jam 8 pagi. Kenapa juga buru2 wong ke RS gak jauh ? kan 10 menit untuk menyatukan nyawa, 30 menit ntuk di membuat saya makan sarapan (di bawah jam 7.30, saya susah untuk menelan benda padat), 30 menit untuk main dan mengurusi si kecil dan 20 menit untuk saya mandi dan bersiap2 pergi.
Sesampainya di RS, kita menunggu 1 jam lebih dikit cos Dr Uf sedang menangani 2 pasien yang melahirkan. Giliran kita berada di dalam ruangan dokter, si bubba yang waktu di ruang tunggu masih asik main2, jadi berhenti aktifitasnya alias tidur pules les les .... ampe diguncang-guncangin beberapa kali, dia tetap asik tidur dengan wajah menunduk dan ngumpet. Walhasil gak bisa ngeliat mukanya, padahal organ lainnya dah terlihat cukup jelas. Sayang yah ! Ya sudahlah nak, kalao kamu emang ngantuk n lebih suka tidur, tidur yang enak deh. Besok2 senyum2 yang kalo liat papa maman (pdahal saya sudah begitu antusias ingin tahu apakah hidungnya akan mengkopi saya atau si papa, ehhe) .... Si bubba masih tergolong bayi yang besar, 1.560 kg untuk 29 minggu 4hari. Bahkan untuk standar Perancis juga tetep aja si bubba ini termasuk janin yang besar. Padahal perasaan saya tidak makan gila-gilaan seperti layaknya orang hamil lho ! Dokterpun menyarankan saya untuk melakukan test diabetes hari Senin mengingat tidak sedikit orang hamil yang menderita diabetes gestational walapun sebelumnya dia tidak menderita diabetes. Sebetulnya sih test ini disarankan bukan karna melihat berat badan si janin yang cukup besar, tapi memang biasanya dianjurkan kepada ibu hamil di kehamilan di bulan ke 7. Kalo toh hasilnya negatif, ya berarti memang si bubba besar (untuk ukuran saya) karena gen dari si papanya yang memang berbeda dengan orang Asia. Posisi kepala ? Yang tadinya dah di bawah, ternyata sekarang ada di atas lagi. mmm rupanya si bocah masih seneng maen jungkir balik yah. Ayo sayang, muter lagi nak, biar kepalanya di bawah !

Abis dari RS, pulanglah saya dan suami untuk kemudian berganti tujuan. Ngedrop si mas besar ke apartemen cos dia mau istirahat katanya setelah 2 minggu berangkat pagi n pulang malem, trus jemput si Tole n lanjut ke acara ultahnya Azka di Pancoran. Selama di perjalanan si mas kecil sudah tepuk tangan sambil membayangkan acara tiup lilin (padahal siapa yang ulang tahun ya !). Begitu sampe, disambut ama papanya Azka dan ama si bumil Vera (ver, dah boleh disebut kan ? kan udah official yah, ehehhe) ternyata udah ada si non Dika yang lagi asik patroli dengan mamanya aka Debbie, ada Ocha juga, ada Ke2nai n bundanya n gak ketinggalan Meyrinda n CunDun. Akhirnya ketemu juga dengan Ocha, Chi dan Meyrinda, selama ini kan baru liatnya baru di dunia maya aja, ehhehee ..... Bis itu dateng Arie yang perut ndutnya dah kliatan seksi, hehehehe ...
Tole malu2 kucing awal2nya dan dikit galak. Tiap ada anak yang panggil "mama", dia pasti bilang dengan nada protes, "no". Dikirain manggil mamannya kali, padahal kan bukan cuma Tole aja yang punya mama, piye toh nak ? Takut mamannya diambil ya ? Dewi, Atha n abinya Atha dateng belakangan. Akhirnya si Tole n Atha main bareng bentaran sebelum kita pamit. Seneng euy ketemu dengan temen2 blog, semoga di lain kesempatan bisa ketemu lagi yah. Ver, Tole ngefans banget ama penghapus Mickeynya itu, dibawa kemana aja dia pergi, ke sekolah, ke kamar mandi, tidur, hehehe makasih ya Azka n tante Vera ....

2 bumil yang gak mau ketinggalan difoto

Hari minggu ngapain ? Sebagai pengisi waktu sebelum melahirkan, saya putuskan untuk ambil kursus bikin CAKE DASARnya NCC yang diadain di Toko TITAN. Lumayan kan nambah ilmu, belum tentu ntar setelah si bubba lahir, bisa n pengen ikutan acara begini. Acara dimulai dari jam 9 pagi mpe jam 2 siang. Asik juga, semoga abis ini praktek bikin sponge cakenya bakal sukses terus.


Sesuai dengan sarannya Dr Uf, hari ini saya berpuasa kurang lebih setengah hari untuk test OGTT (tuk mengetahui ada atau tidaknya diabetes). Alhamdulillah akhirnya hasil test adalah negatif aka tidak ada indikasi bahwa saya mengidap diabetes gestational. Jadi si bubba besar karena emang turunan babenya aja yah (sewaktu lahir maksudnya, gak menjamin kalau dia juga akan besar fisiknya sewaktu dia dewasa nanti). Di pagi ini juga saya bertemu dengan Prof Dr Nugroho yang ternyata kaget melihat ukuran perut saya. hehehe "Ibu hamilnya kan 7 bulan yah ?" Jawab saya, "iya dok". Tambahan dari beliau "mancung juga perutnya ya bu", hehehehehehhee ...... cek punya cek, ternyata si bubba hari ini beratnya 1.680 gr, di kehamilan yang ke 30 minggu 4 hari (umur janin jadi maju 2 minggu berdasarkan berat badan janin) , ya ampun, dalam 2 hari dia sudah bertambah lebih dari 100 gr. mmm sempet bingung n takut ngebayangin berat si bubba nanti-nantinya. Siang ini saya cuman makan setengah porsi nasi di warjok asli (critanya mo diet nih, coba2 menekan berat badan si bubba), yang ada kepala pusing 7 keliling sampe jam 8 malam ini, berarti bukan solusi yang tepat juga tuh , heheheee . Ya sudahlah, berdo'a aja deh, smoga semuanya sehat dan lancar sampai acara melahirkan nanti. Masalahnya, saya kan kepengen sekali bisa melahirkan normal, tapi kalo mengingat ukuran dan posisi si bayi, kemungkinan melahirkan normal pastinya berkurang mengingat ukuran saya sebagai ibunya juga. Do'ain semua lancar ya. Toh manusia cuman bisa mengira-ngira dan berusaha, Tuhan juga kan yang menentukan ......

Sabtu, 22 November 2008

Bila penyakit malas datang ...

Penyakit malas ? Iya, beberapa waktu ini saya sedang mengalami malas untuk berada di depan komputer, kecuali tuk down load www.youtube.com, soale itu kan salah satu favenya si Tole. Banyak yang mo diceritain tapi yah itu deh, gak mood bener tuk ketak ketik.
Apa kabar keluarga kecil kami ? Si Tole lagi gak sehat nih, dari hari Selasa pagi, dia sakit. Badan panas, pilek n batuk. Di saat badannya gak panas, dia keliatan biasa saja aka beraktifitas seperti waktu sehat. Tapi waktu demamnya dateng, aduh, gak tega ngeliatnya. Diam, gak tau mau bikin apa, maunya dipeluk mamannya atau ngeringkuk sambil menempel mamannya. Gak mau dipegang susternya, gak mau makan (selera makan ilang kabeh wis !). Gak mau keju, gak mau kentang/nasi/pasta or makanan lain yang padat, susah banget minum susu formula, sering gak mau nenen juga, susah makan yoghurtnya, alhamdulillah masih mau minum jus buah. Kadang, saya terpaksa harus bawa dia ke toilet juga saking tidak mau ditinggalnya. Baru kali ini lho si Tole tuh yang gak ada selera makan, biasanya kan dia makannya banyak. Dah 2 kali ke dokter, n yang kedua kali kunjungan akhirnya si pak dr Lineus kasih antibiotik. Smoga cepet sembuh ya nak !

Hari jum'at kemarin ada puncak acara multicultural week di skolahnya Tole. Dengan berbekal aju tradisional Breton, pergilah si pangeran kecil saya ini ke sekolah (walaupun dia gak mau pake kemeja tangan panjangnya). Harusnya sih, si mas ganteng ini ikut naik ke atas panggung dengan teman2nya di Blue Room, tapi berhubung si demam tanpa diundang sudah berkunjung tubuhnya lagi dan membuat dia sumeng, walhasil, dia jadi nangis n gak mau nangis. Padahal si papi n maminya di Paris sana dah wanti2 tuk milemin aksi Tole di atas panggung, ehhehe .... Ya wis, sebagai ibu yang baik, pastinya saya tidak mau memaksa dong, kalau emang setelah dibujuk, si penarinya gak mau tampil, ya udahlah. Seru juga lho acaranya, setiap kelas di 3 sekolah (High Scope Senayan City, Alfa dan Pluit) harus menampilkan makanan dan tarian disertai kostum dari 1 negara. Kebetulan dari kelasnya Tole, dapet jatah Perancis. Ibunyapun juga harus berpakean negara tersebut. Gak ada foto yang liatin stan2 tempat makanan, yang bejibun (ada Perancis, Mesir, India, Perancis, Korea Selatan, Venezuela, Belanda, Jepang, Thailand, apalagi ya ?) berhubung waktu si Tole rewel waktu bangun tidurnya, sayapun sibuk ngurusin si pangeran kecil yang lagi kurang sehat ini.

Gimana dengan si bubba ? Hari Sabtu lalu saya n suami sempat ke dokter sebelum si mas besar ini pergi ke kampung halamannya tuk tugas kantor. Kenapa ? Karna hari Jum'atnya itu saya mengalami kontraksi selama kira2 20 menit. Sakit di punggung bawah dan ada sensasi seperti tekanan di bagian bawah, dan setelah itu terasa perih dan nyeri di bagian bawah tadi juga selama kurang lebih 2 jam. Gak sakit banget sih tapi gak nyaman banget deh, itu juga yang membuat saya tidak jadi datang makan malam dengan teman2 kantor dulu di PP, palagi mengingat macetnya hari Jumat minggu lalu itu gila2an. Takutnya malah gak enjoy jadinya. Besok paginya, ada bercak darah sedikit yang berwarna kecoklatan. Berhubung Prof Nugroho tidak ada di hari Sabtu, akhirnya saya pilih bertemu dengan Dr Uf Bagazi yang ganteng itu (hehehhe masih tetep sempet nilai fisik nih !). Dokternya ramah dan informatif. Malah, kalau saya bilang lebih komunikatif dari Dr Nug yang padahal menurut saya sudah bagus. Si dokter ganteng ini kaget waktu melihat ukuran si bubba yang besar sekali. Kalau liat di grafiknya, dia berada di garis maksimal dan diperkirakan lahir dengan berat 4638 gr di 40 minggu. Melihat hasil test urine untuk mengetahui ada tidaknya infeksi saluran kandung kemih (yang ternyata ada dikit), dia tidak melihat ada indikasi diabetes, tapi untuk lebih pastinya lagi, di kunjungan yang akan datang, pastinya akan dilakukan test khusus untuk mengetahui apa saya mengidap diabetes atau tidak. So kenapa bayinya besar ? Yah, pertama karena fungsi plasenta berjalan dengan bagus dan dah jelas mungkin si bubba ini ngikutin gen papanya yang emang pada besar2 n lahirnya juga besar2. Si dokter juga bilang kalau dalam case saya ini, tidak menolak kemungkinan untuk bisa terjadi kelahiran prematur. Saya cukup suka sih dengan cara penyampaiannya, tidak membuat orang cemas dengan kenyataan yang dibeberkannya. Jenis kelamin si bubba ? So far tetep laki2 bow ! hehheheheheeeeeee .........

Berhubung saya memang orang yang suka berencana, maka wiken ini mulai siapin tas yang berisi keperluan sewaktu melahirkan nanti. Siapa tahu nanti ternyata memang melahirkan sebelum waktunya, kan dah gak repot tuh, semua keperluan dah siap di dalam mobil. Toh gak ada ruginya, tul gak ? Waktu hamilnya Tole dulu juga kan soale 7 minggu sebelum hari H, ternyata sudah ada 2 cm bukaan. Bela beli ? Gak banyak yang dibeli, karena barang2nya Tole kan hampir bisa dipake semua, stok baju Tole tuk yang umur 2 bulan pertama juga masih bisa dipake. Kalo ada kekurangan kan bisa dibeli tar pas si bubba dah lahir aja. Pas kemarin suami datang dari Paris, sekalian juga bawa beberapa barang keperluan bayi. Daripada beli kan, toh dia juga bisa bawa dari jauh gak pake ongkos tambahan Sayang kan kalo emang gak perlu beli . Pesenan nursery pillow ke tokonya Brenda, NENEN, juga dah ada. Asik gak tuh ? So bubba, kapan aja kamu mau melihat dunia, maman insya allah udah siap kok, smoga smuanya sehat ya nak !

Ini foto meja barunya si Tole, kado dari eyangnya pas ultah kemarin yang baru jadi. Jadi Tole kalo temennya dateng n mo makan kue kan bisa duduk manis di sana. Monggo lho, kalo ada temen2 yang tertarik beli atau pesen. Tempatnya di Jl Deplu Raya, sebelum Rempoa. kalo dari Pd Indah. Si empunya toko namanya mas Arif, bisa dihubungi di no 0815 8475 0909. Kita bisa beli barang yang udah jadi, bisa juga pesen dengan membawa gambar sendiri atau melihat dari majalah2 yang dia punya. Macem2 barang buatannya (semuanya untuk dekorasi anak yah), ada cermin, kursi, gantungan mantel atau topi, perpustakaan, lemari baju, rak sepatu, dll. Harganya ok kok. tapi jangan berharap catnya itu yang anti toxic yah, kalo yang anti toxic sih pasti jatuhnya berlipat-lipat dari harga dialah.



Senin, 10 November 2008

Aurele dan karyanya

Beberapa hari lalu ada pertemuan orang tua murid dan guru di skolahnya Aurele. Ini untuk yang kedua kalinya selama Aurele menjadi murid High Scope, so gak trasa pangeran kecil saya sudah 6 bulan bergabung dengan HS. Senangkah si mas kecil dengan sekolahnya ? Iya, seneng banget. Selalu semangat setiap mo berangkat sekolah. Bahkan saking semangatnya, kadang, walaupun gak ada acara khusus di sekolahnya yang mengharuskan setiap murid mengenakan kaos kebesaran, si mas kecil ini suka minta pake kaos seragamnya, sambil bilang, "maman, pake baju miss", ehheheeee iya, dia kasih julukan baju miss sama kaos kebesarannya yang berwarna biru ini.
Selama 50 menit kira2, saya dan guru favenya Aurele, miss Amel diskusi tentang si bocah. Mau tau apa aja yang dibicarain (dikit banyak) ?
- si Tole ini cukup expresif, masalah keinginannya dituruti atau tidak, tapi dia selalu bilang apa yang dia mau (sami mawon dengan di rumah deh).
- mulai senang dengan kegiatan tempel menempel (sebelumnya gak suka, selalu bilang jijik sama lem atau selotip)
- peduli sama teman
- tetep seneng nggambar (dengan krayon, spidol, pinsil atau cat air)
- sering banget minta disetelin musik dan nari2. Kadang dia minta disetelin lagu yang diberi judul semaunya dia, seperti : "iyayo" (old mac donald's farm), "Apa (makan apa), "aku" (anak gembala), "ha'e" (gamelan), "bato" (bateau sur l'eau), dll
- masih kurang suka dengan makanan yang manis2 dan suka sekali dengan buah
- kadang suka males bertemen dengan temennya yang gak banyak ngomong atau pasif (ketauan siapa yang cerewet, heheheh)
- kemampuan merangkai kata (dalam bahasa Indonesia) dalam 2 kalimat semakin bertambah. Tapi belum bisa dalam bahasa Inggris atau Perancis walaupun dia mengerti dengan baik perintah atau kalimat yang ditujukan kepadanya. Dalam 2 bahasa yang saya sebutkan di belakang ini, dia baru bisa menyebutkan kata per kata atau 1 kalimat pendek, seperti "hos slip (horse sleeps).
- bla .. bla ... bla ..... (kalo kepanjangan ntar kesannya mamanya Tole narcis nih, hehehe)

Dan kali ini, si ibu guru memberikan 1 map yang berisi karya2 Aurele. Duh, seneng deh liatnya. Liat hasil perkembangannya di sekolah, n pastinya kasih aku ide n pelajaran tuk ide main sambil belajar dengan dia, misalnya kayak menempel sedotan dengan selotip, tali rafia, kerupuk, dll.

Ini nih, salah satu karyanya dalam 3 bulan terakhir. Lucu yah (wuuuuuuuuu, emaknya GR nih ...). Smoga mamamu ini semangat terus tuk nuntun kamu dalam bermain dan berkreatifitas ya nak !


PR dari Isty yang baru dikerjain. Lucu juga PRnya, Astrid, Vera, Debby, Eliza, Lawrencia, Ke2nai, mau ngerjain PR ndak ?

10 Facts/Habit About Me

1. Saya sekarang susah bangun pagi. Karena dah gak kerja dan Aurele juga bukan type bangun pagi, padahal dulu jam 5 juga dah bangun. Makanya sering betul lewat sholat Subuh.

2. Termasuk orang yang sensitif, peduli akan sesama, sabar, pengalah, keras kepala dan pemaaf. Asik gak tuh paduannya ?

3. Rada perfectionist. Seneng memprogram suatu rencana dan nyicil suatu pekerjaan.

4. Geli dan jijik sama cicak dan kecoa. Palagi semenjak ikut suami, gak pernah ketemu sama 2 binatang yang menjijikkan itu n sekarang jadinya tambah anti ...

5. Saya suka berpenampilan seadanya, terkadang cenderung cuek. Gak mutlak dandan, yang penting terawat dan wangi, dan gak suka yang ribet2. Tapi kalo dandan tuk mentas nari, bisa jadi cerewet n perfectionist, gak boleh dandan tanggung2 n harus manglingi (tanya aja deh ama Lisa, ya gak jeng ?).

6. Suka banget nari, terutama nari tarian tradisional Indonesia. Biasanya kalo denger musik, tangan saya refleks sudah bergerak dan mlintar mlintir mengikuti alunan musik.

7. Jadi lebih rasional kalo belanja setelah menikah. Lagian kalo sering belanja n tinggal di Paris, tempat nyimpen barang belanjaannya gak ada bow ! Sayang kan kalo jadinya gak terawat. Tapi masih agak susah tuk ngerem beli tas kulit, hehehe .. gimana dong ?

8. Gak punya tokoh idola.

9. Lagi kepengen belajar njait dengan datengin guru ke rumah, ada ide ?

10. Kalo lagi marah, harus diexpresikan n beberapa saat kemudian dah cool lagi. So gak bisa muna' nih.



Selasa, 04 November 2008

Si Dia

Postingan kali ini saya mulai dengan, hehehheheeeeee (sambil senyum kecut dan ikhlas). Kenapa bisa begitu ? Iya, kan tadi dari RS tuk kunjungan bulanan n dr Nug bilang kalo jenis kelaminnya si bubba tuh cowok. YANG BENER DOK ? Tanya saya dengan nada yang kaget, tapi ikhlas (bisa ngebayangin ndak ?). "Betul, ini skortumnya dan ini penisnya. Emang aku bilang apa bulan kemarin ?" tanya dia. "Cewek dok". Jawab saya. bla bla bla........

mmmm walaupun dah disiapin mental kalo punya anak cowok lagi, tapi ternyata agak kaget juga dengan perubahan pernyataan si dokter. Karena bulan lalu, waktu dia bilang jenis kelamin si bubba, dia kelihatan sudah yakin. Gak taunya ada perubahan. heheheeee Namanya juga manusia, biar dia dokter tapi kan tetep aja gak ada yang jamin kalo dia akan bener terus. Apalagi mungkin posisi si bubba yang bergerak terus bisa menipu mata kita. Si papa sempet sih kecewa, gak tau kecewa karna dokternya bisa ampe salah lihat atau emang karna masalah jenis kelamin si bubba, maksudnya kalo dia tahu si bubba ini laki2 dari awal, dia mungkin sudah legowo. Kali ya ...
Tapi yang pasti, setelah kuciwa beberapa saat, papanya Tole sudah senyum lagi dan menerima dengan ikhlas apapun jenis kelamin si bubba. Kalo saya ? kan dah nyiapin mental, mengingat gen terkuat dari keluarga kita berdua emang laki2. Yang terpenting kan si bubba sehat. Beliau nyesel juga sempet punya perasaan kecewa, alhamdulilah gak lama. Sebagai istri yang baek (sambil berdehem-dehem), saya ngingetin dia kalau apapun jenis kelaminnya, dia adalah karunia dari yang di atas. Maafin papa n maman ya sayang, kami berdua tetep sayang sama kamu biar kamu itu cewek atau cowok n pastinya udah gak sabar pengen ketemu sayang ....

Spik spik tentang si "dia" aka si bubba, posisi kepalanya sekarang sudah ada di bawah, pantesan memang sudah beberapa waktu lalu, terasa gerakannya dia seperti lagi memutar aka berubah posisi n sering nyundul2 ke daerah bawah. Usia kehamilan 25 minggu 3 hari. Dan bulan ini BB bertambah 3 kg, jadi total kenaikan sampe saat ini adalah 4 kg. Smoga gak naek banyak deh. Bentuk perut tetep melebar dan so far belum ada kliatan stretch mark (smoga aja tetep gak ada, kayak hamil Tole dulu), leher masih bersih n gak ada bintik merah2 di kulit.

Senin, 03 November 2008

Sekedar Cerita


Ada berita baru nih temen2 ... Si Tole yang dah mulai besar ini Jum'at kemarin si tidur di tempat tidurnya yang ukuran normal (90 x 200cm), ditidurin papanya sewaktu saya lagi asik makan malam dengan temen2 kuliah di Plaza Senayan. Kok bisa ? Si mas kecil ini rupanya gak mau ditidurin sama susternya. En salahnya si mama juga di sini, gak sempet bilang kalo malam itu Tole bakalan ditidurin bukan sama mamannya, jadi deh cah ganteng ini nungguin mamannya. Sampe akhirnya si papa dateng, si Tole ditidurin sama papanya. Dicoba ditidurin di boxnya, ternyata ditolak, akhirnya tempat tidur "besarnya" jadi alternatif dan berhasil. Besok2 coba tidur di tempat tidur besar lagi ya sayang, bair gak kepentok-pentok lagi ....

Berita lainnya ? Pangeran kecil saya ini lagi merasa takut akan sesuatu. Dari hari Rabu - Minggu Tole bangun tidurnya lebih awal dari biasa. Yang biasanya dia bangun tidur sekitar jam 7, tapi Rabu kemarin bangun jam 4.25, trus Kamisnya jam 5, Jum'atnya 5.30, Sabtunya jam 6 dan hari Minggu jam 6 juga. Waktu bangun, sepertinya dia mimpi buruk dan sempet bilang 1 kali "takut". Waktu ditanya takut apa ? Mas kecil saya cuman merengek. Begitu juga dengan waktu tidur siang, sempat 2 hari belakangan ini sewaktu saya tidak ada di rumah dan berarti susternya yang mencoba menidurkan si Tole, mas kecil ini menolak tidur di kamarnya dan bilang "takut". Walhasil dia akhirnya bisa tidur di baby strollernya sambil dibawa jalan2 sebentar, trus begitu sudah tidur, dibawa ke dalam rumah lagi dan bisa tidur selama 1,5 - 2 jam. Memang setelah saya baca2 di internet, anak seusia Tole ini terkadang mengalami rasa takut akan sesuatu. Bisa itu terhadap gelap, orang asing, badut, petir, dll. Nah, untuk kasusnya si Tole ini, belum jelas apa yang dia takuti. Dia pernah menunjuk ke arah cermin di kamar tidurnya, tapi belum saya temukan alasan persis yang membuat dia takut, bukan bonekanya, bukan mainannya, .... Jadi PR tuk papa n mamannya nih. Saya selalu berusaha untuk menenangkan dia dan menanyakan apa yang dia takutkan atau mimpi yang dia alami, tanpa mengatakan bahwa dia tidak perlu takut. Karena menurut saya, semua orang memiliki tingkatan dan batasan tertentu atas rasa takut. Jadi biasanya setelah saya menanyakan dan menenangkan dia, saya mengajak dia berdo'a untuk meminta Tuhan, meminta supaya Sang Pencipta melindungi seisi rumah kita dari segala gangguan. Dan itu berhasil membuat dia tenang. Smoga rasa takutnya cepat hilang ya sayang ...
Ada yang punya pengalaman sama seperti saya mungkin ?

Mo liat gak gayanya Tole kalo lagi nerima telpon ? Ember, si mas kecil ini sering jadi "operator"di rumah kami. Begitu ada telpon bunyi, pasti rebutan terima telpon deh, hehhe


Ada PR dari Chi aka Ke2nai, punten suminten baru dikerjain sekarang ya bu ......
You tend to be pretty tightly wound. It's easy to get you excited... which can be a good or bad thing.

You have a lot of enthusiasm, but it fades rather quickly. You don't stick with any one thing for very long.

You have the drive to accomplish a lot in a short amount of time. Your biggest problem is making sure you finish the projects you start.

You are the total package - suave, sexy, smart, and strong.

You have the whole world under your spell, and you can influence almost everyone you know.

You don't always resist your urges to crush the weak. Just remember, they don't have as much going for them as you do.

You are a seeker. You often find yourself restless - and you have a lot of questions about life.

You tend to travel often, to fairly random locations. You're most comfortable when you're far away from home.

You are quite passionate and easily tempted. Your impulses sometimes get you into trouble.

You are a free spirit, and you resent anyone who tries to fence you in.

You are unpredictable, adventurous, and always a little surprising.

You may miss out by not settling down, but you're too busy having fun to care.

mmmmm ada yang benernya juga sih nih. Monggo .... silahkan dikerjain PRnya tuk siapa aja yang bisa kerjain.


Senin, 27 Oktober 2008

Let's go to Solo, monggo ...

Setelah beberapa lama gak "ketemu", ini oleh2 keluarga kecil kami dari Solo. Iya, 5 hari kemarin, persisnya dari hari Rabu mpe Minggu, saya, suami, Tole dan si bubba, pergi ke kota kecil yang sedang menuju ke MICE. Monggo disimak .....

Sore hari pertama di salah satu kota batik ini kita habiskan dengan jalan2 di sekitar Jl Slamet Riyadi yang merupakan "orchard"nya aka city walknya Solo. Lumayan enak, suhu udara saat itu kurang panas dari Jakarta, apalagi dengan pohon2 besar yang menaungi trotoar membuat suasana lebih terasa adem ayem. Kesibukan warga kota Solo dalam menyambut event internasional ini sudah terlihat di jalan-jalan. Makan malam kami hari itu cukup di hotel tempat kami tinggal, ROEMAHKOE bed and breakfast. Makanannya enak dan harganya OK banget.

Tentang ROEMAHKOE yang terletak di jl Dr Radjiman 501, Kampung Laweyan, dulunya adalah markas BUDI OETOMO dan arsitektur dan perabotannya juga masih asli pastinya bikin saya dan suami yang emang berselera njawa dan jadul, jadi jatuh cinta sama Roemahkoe ini. Kaca patri menghiasi jendela2 di tempat penginapan ini. Kursi, meja, kaca rias, lampu, antai, pintu, jendelanya, betul2 terawat, makanya bisa awet sampai saat ini. Seperangkat alat gamelanpun melengkapi suasana jawa di ROEMAHKOE. Suara gemericik air yang berasal dari beberapa kolam ikan kecil di sini, membuat suasana liburan kami tambah berkesan. Belum lagi suara toke dan kodok yang kadang bisa terdengar "nyanyiannya" di malam hari. Service dan keramahan staf ROEMAHKOE ? Jangan ditanya, mereka dengan senang hati membantu kita, apalagi saya dan suami yang membawa bocah kecil yang tidak bisa diam, sungguh merasakan pelayanan mereka patut diacungkan jempol. Tidak saja mereka membolehkan si musisi kecil kami memainkan gamelan dan berlari di lorong2 ROEMAHKOE, mereka juga mengajarkan ke Tole beberapa kata dalam bahasa Jawa, top gak tuh ! Sarapannya memang tidak sperti di hotel2 yang menyediakan beberapa macam makanan sekaligus, melainkan 1 malam sebelumnya, mereka memberikan 4 pilihan menu sarapan kepada tamu. Dan di sore hari, mereka menyuguhkan minuman teh atau kopi beserta nyami'an, seperti serabi solo, roti gulung pisang, pisang goreng dengan taburan gula halus dan bubuk kayu manis yang tentunya buatan mereka sendiri.




Hari kedua di pagi hari, kita pergi ke Pasar Klewer. Tujuannya ? dah pasti beli oleh2 n tuk diri sendiri. En ada satu toko yang bikin saya seneng banget, apa itu ? Toko pengantin yang pastinya menjual semua pernak pernik pengantin dan penari. langsung deh ngeborong di sini, gak cuman tuk saya aa sih tujuannya, tapi tuk temen2 penari di Paris juga. So kalo ada kesempatan ke Paris kan bisa dijual tuh, harganya sih lebih murah dari di jatinegara yah. Lis, beli nih kalung, anting n gelang, bagus2 lho ...... hehehehehhe Di Pasar Klewer ini para penjualnya juga sangat sopan dan baik, tidak ada yang memaksa n harga yang diberikan juga tetap harga lokal walaupun mereka jelas2 melihat warna kulit suami saya yang jauh berbeda dengan warna kulit mereka. Mas kecil ? 5 menit setelah sampai di pasar, dengan diapun tidur di dalam baby strollernya dengan dikipas-kipas sama susternya.


Dari pasar, setelah muter2 sekitar 2 jam, rumah makan Adem Ayem di jl Slamet Riyadi, jadi tujuan berikutnya guna memenuhi panggilan cacing2 di perut kami. Makanannya, lumayan deh, timlonya cukup enak, tapi kok gak pake daun sedap malam ya ? gak ngerti deh, yang penting rasanya enak. Tolepun makan gak susah, dia mau makan timlonya juga. Selesai makan, pulang, istirahat sebentar trus lanjut lagi jalan2 ke rumah2 batik yang banyak ditemui di belakang ROEMAHKOE. Saya dan suami jatuh cinta dengan suasana kampung batik ini. Masih banyak rumah2 kuno yang terawat atau juga rumah2 khas Jawa yang tertata sederhana dan apik, mengingatkan saya pada rumah eyang saya. Pagar rumah2 bergaya tempo doeloe ini adalah tembok tinggi (sekitar 2m) dan memiliki pintu pagar yang besar sekalian atau yang besar tetapi terbagi 2 (atas dan bawah). Di tembok rumah2 tersebut juga kadang dukir dengan motif batik yang menunjukkan bahwa itu memang kampung batik. Kampung ini bersih sekali dan cukup hijau. Air di got seringnya terlihat biru tua tapi tidak berbau dan ternyata memang pemerintah lokal cukup baik dalam hal menangani limbah yang dihasilkan oleh pembuatan batik. Kami singgah di beberapa rumah batik, tapi sayangnya, para pembatik sudah pulang, hanya di rumah batik terakhir, Toko Cempaka, yang masih ada 1 bapak pembatik yang sedang mencap di atas kain mori. Cukup puas berada di toko ini, yang empunya menjelaskan makna warna2 dalam filsafah batik Solo. sebuah kemeja dan sebuah syal serat nanaspun menambah muatan koper kami. Ngapain Tole ? Mas kecil ini tidur dengan pulas di baby strollernya, wong anginnya semilir semilir membuat mata jadi berat.


Makan malam kali ini, rombongan kecil kami ini memilih GALABO (Gladak Langen Bogan) yang terletak di samping pusat grosir Solo. Apa sih GALABO itu ? Jadi itu adalah tempat makan kaki lima (yang merupakan jalan raya yang kalau malam hari ditutup) yang menawarkan 50 kedai yang menjual makanan khas Solo, sperti tengkleng, timlo, nasi liwet, tahu kupat, dll. Seperti warung roti bakar Edi yang di belakang Al Azhar deh prinsipnya. Gimana rasanya ? Tahu kupat dan ayam prestonya cukup enak.

Jum'at, rencananya sih hari ini mau ke Tawangmangu dan candi Sethu. Tapi berhubung malam sebelumnya hujan deras dan dini harinya si bumil mendapat kontraksi palsu pertama, jadi rencananya gagal, tujuan dialihkan ke dalam kota Solo aja. Iya, lagi asik2 tidur tiba2 terasa mules dan kenceng di perut bagian bawah dan punggung bawah belakang selama 15 menitan deh. Zaman hamilnya Aurele, kontraksi pertama itu saya rasakan 7 minggu sebelum Tole lahir dan menghasilkan 2cm pembukaan. Smoga yang ini gak "menghasilkan" apa2 deh ! Hari ini jalan2 ke kraton Mangkunegaraan dan dilanjutkan ke Taman Sriwedari. Mas kecilpun seneng banget karna dia bisa lari2 di pendopo yang konon terbesar di Indonesia dan bisa liat seperangkat gamelan komplit.


Acara isi perut dilanjutkan ke daerah Triwindu yang terkenal dengan toko2 buku bekas dan barang antik, tapi lagi ada renovasi jadi banyak pedagang2 yang pindah tempat ke daerah lain. Aurele gak begitu nafsu makan makanan utama, untung tetep semangat minum jus buah yang sudah dipesan tanpa gula dan nenennya juga semangat 45. Tujuan berikutnya adalah ke Museum Danar Hadi yang juga merupakan pabrik dan butik, jadi kalo pegawainya itu bilang, "one stop shopping bu". Museumnya tertata apik dan koleksinya juga bagus. Dari jamannya Belanda, Cina dan Jepun, India, bisa ditemukan di sini. Suami dan saya yang memang pecinta kain mpe ilernya ngeces-ngeces ngeliat hasil karya anak bangsa Indonesia ini. Aurele ? Sami mawon dong, dia bilang, "Wwwwwwowww, maman, kain, nali (nari)" dengan muka yang amat antusias (heheh ketauan banget deh anaknya siapa). Gak lama abis terkagum-kagum si mas kecil yang ganteng inipun ngerengek karna ngantuk, akhirnya si mas kecil muter2 di bagian pertama museum ini dengan si susternya sementara saya n pacar merangkap suami, lanjut melihat koleksi yang lain. Di sini, saya dan suami dapat kesempatan tuk liat proses pembuatan batik langsung di pabriknya. Dulu, parik Danar Hadi terletak di jl Dr Radjiman di kawasan kampung laweyan. Buat suami saya, ini pemandangan yang luar biasa dan buat saya ? Meski ini bukan pertama kalinya saya ke Solo, namun tetap saja buat saya kota ini selalu menarik untuk dikunjungi. Jalan2 di Danar hadi ini kami akhiri dengan beristirahat sekalian berbelanja di butiknya. Taplak meja idaman akhirnya didapet di sini, hehehe ....

Kembali ke hotel dan istirahat sambil menyeruput teh hanget ditemani oleh serabi pisang yang masih panas, membuat kami bertenaga kembali untuk meneruskan acara jalan2 sore di Kampung Laweyan. Di tengah jalan, kedai yang menjual apem Solo masih buka walaupun cuman ada 6 apem yang tersisa, menuruti hawa nafsu si bumil, dibelilah 4 apem klasik yang rasanya uenak tenan, wong Tole aja suka kok, minta nambah lagi, hehehhee Tujuan kami sore itu adalah Batik Gunawan yang gerainya bisa dijumpai di Pasaraya Grande Blok M. Batik Gunawan ini cenderung ke arah batik modern, baik dalam proses pemilihan warna dan motif batik yang tergolong baru. 1 blus tuk bumil, 1 blus mertua dan 1 kemeja tuk teman suami kami bawa pulang dengan suka cita.
Makan malam di ROEMAHKOE saja, mengingat si mas kecil kliatan dah ngantuk n bumil juga mau kondisi badan biar tetep fit.

Sabtu ini, acara jalan2 difokuskan ke pasar Triwindu tuk liat2 ke toko antik. Perburuan tidak sia2, sebuah gantungan kain dan alat pencap batik bis akami dapatkan dengan harga menarik. Sayangnya, si mas besar tidak begitu suka dengan lampu tempel dari perunggu berbentuk gunungan yang saya taksir. Sementara si Tole asik liat barang2 yang lain di depan toko yang notabene di pinggir jalan sambil "main" dengan cucu si empunya toko. Anteng plenteng deh si anak ganteng ini, tambah sayang sama kamu deh nak ! Dari sana, perjalanan kita lanjut ke Pasar Klewer lagi cos mo cari oleh2 tuk teman, tapi sayangnya gak ada n pasar agak penuh , kurang OK suasananya tuk wiken ama anak kecil sambil bawa baby stroller. So kami putusin tuk cabut dari situ n langsung ke Warung Pecel Solo yang ada di jl Supomo. Pecelnya uenak tenan dan suasananya asik bener, plus diiringin dengan iringan lagu seorang ibu yang diiringi dengan kecapi dan gendang di pintu masuk, membuat acara makan siang kami jadi special.


Di sini Tole mulai keliatan eneg makan nasi selama 3 hari berturut-turut, walhasil cuman jus alpukat yang masuk ke dalam perutnya dia. Gak papahlah, toh alpukat juga berat. Sambil jalan bisa ditawarin roti. Pecel di sini, bisa ditemani dengan lontong, nasi putih atau nasi merah. Bumbu kacangnyapun ada 2 macem. Sayurannya ? Ada kenikir, daun pepaya, trambah, daun apalagi yah, lupa, pokoknya ada 5 ajah ! 1 gelas es kunir asem, 1 gelas jus alpukat, 1 piring nasi pecel dan sepiring berdua hidangan penutup (campuran, tiwul, gawuk, ongol2, getuk, ada 1 lagi yang saya gak tau namanya), meluncur dengan lancar ke dalam lambung saya.

Dari sana, balik ke tempat penginapan dan istirahat sambil mencicipi fasilitas pijit di sana, saya n suami sepakat ambil perawatan Foot Spa. Enak banget deh rasanya dipijit kakinya setelah banyak jalan kaki. Sementara mas kecil sibuk mempersiapkan konser gamelannya. Ya, kalo di ROEMAHKOE, tiap sabtu malam ada pertunjukan gamelan. N pangeran kecil kami sudah tidak sabar bergabung dengan tim gamelan ROEMAHKOE itu, hehehe ....

Hari terakhir. Minggu pagi sudah dijadwalkan untuk melihat latihan tari di Kraton Kasunanan jam 10 pagi. Aurele ditinggal sama susternya (sambil diberi wejangan si susternya, heheh) soale sewaktu kita mo berangkat, si pangeran kecil ini minta tidur sendiri, so akhirnya didorong2 sama susternya di baby stroller di ruang tamu di kamar kita. Bumil dan si mas besar bisa pacaran lagi nih aka jalan2 berdua aja, hehehe nyampe di sana, kita keliling di bagian belakang cari tempat dimana para penari latihan. Setelah nyari2 gak ketemu, akhrinya numpang tanya sama si mbak2 penjaga loket dan dari beliaulah didapat informasi bahwa latihan tari diadakan di pendopo depan. Berputarlah kita ke sana, dan ternyata, sudah telat, mereka baru saja meninggalkan kraton karna latihan sudah selesai. Emang sih kliatan salah satu penarinya yang masih memakai kain panjang dan sampur bersiap-siap naek motor untuk pulang. So, langsung puter kendali deh, acara dilanjutin ke Jl Slamet Riyadi, kebetulan hari itu ada bazaar di sepanjang "orchard roadnya" kota Surakarta ini. Dan tebak apa yang saya dapat ? 2 buah kalung idaman dan sepasang anting yang terbuat dari tembaga yang dibakar. Si empunya kios ini namanya mbak Abel yang emang berkreasi sendiri dan menerima pesanan. Sayang blus batik yang saya taksir ukuranya cuman 1, S ajah, dijamin gak cukup dengan kondisi saya yang akan menyusui setelah melahirkan nanti. Ya wis, bukan rejeki ......


Kesimpulan dari jalan2 keluarga kami kali ini : ASIK dan SEMUANYA PUAS. Fasilitas transportasi umum, seperti taksi misalnya, walaupun tidak terlalu mudah didapat (tergantung daerahnya), tapi pelayanannya bagus, supirnya baik dan sopan2. Tole dapet kesempatan belajar lagu2 anak dalam bahasa Jawa lagi, kayak "lir ilir" dan "gundul gundul pacul". Tole senang, dan bisa tidur bagus even bangun tidurnya selama di sana jadi 1 jam lebih cepat. Ada beberapa kata baru yang dia dapat di sini, kayak : tasi (taksi), koket (toke'), cica' (cicak), kasy (cache - bhs perancis, artinya ngumpet), jingjing (rebab), lompat, apalagi yah ? Yang jelas si Tole seneng banget ama taksi n pengennya manggilin or naek taksi terus. Papa n mamannya Tole ? Senang banget dong, apalagi mamannya, belum tentu dalam waktu dekat bisa jalan2 lagi, bentar lagi kan udah ada larangan terbang. Di bandara Jkt atau Solo aja sebetulnya sudah ditanyain surat keterangan dokter tentang kehamilan sementara si bumil ini baru tahu bahwa kalau bepergian dengan pesawat, even di bawah 7 bulan kehamilan, tetap harus menunjukkan surat itu. Makanya rencana beli oleh2 cemilan di bandara Adi Sumarno gagal total karena waktunya sudah mepet tuk ngurusin si surat keterangan dokter itu. mmm pelajaran deh tuk lain kali ! Kapan lagi yah jalan2 ?

Inilah gayanya si pangeran kecil waktu berkolaborasi dengan para seniornya sementara papa mamannya makan malam.

video

Rabu, 15 Oktober 2008

Selamat Ulang Tahun Sayang

Hari ini pangeran kecilku genap 2 tahun usianya. Gak trasa bulan demi bulan berlalu dengan cepat, sepertinya baru kemarin dia baru bisa berjalan, sekarang sudah bisa lari kencang dan lompat2 di tempat tidur walaupun sudah dikasih tahu berkali-kali bahwa itu bukan trampolin. Dah bisa apaaja nih si mas kecil ? Tambah pinter request lagu di youtube kayak "aku" (anak gembala - Tasya), "apa" (sedang apa), "tcut tcut" (naik kereta api), "kakak" (if you're happy), "lolo" (row row your boat", "allah" (tari saman - aceh), "alamak" (tari rentak besapih - jambi), dll. Gak lupa si pangeran kecil ini udah gape juga aktifin "play" and "off" tuk youtube. Soal nari dan gamelan ? Alhamdulillah masih suka, hampir tiap hari "main gamelan" n nari juga di rumah sama mamannya, hhheeee Kalo ngomong, kosa katanya sih tambah banyak tuk bahasa Indonesia, Perancis ataupun Inggris.

Selamat Ulang Tahun Anakku Sayang ........ Smoga kelak dirimu bisa menjadi orang yang bisa mengisi hidupnya dengan hal2 yang baik dan berguna.

Bangun tidur acaranya langsung buka kado dari papi mami n papa maman

Acara tiup lilin di sekolah

Tiup lilin di rumah


Selasa, 14 Oktober 2008

Bawaan anak atau bawaan emak ?

"Ya ampun, perut dah ndut tapi kok masih semangat aja sih ke Tenabang n ke Prumpung ? Itu bawaan si jabang bayi atau emang emaknya aja ?" ....
Itulah celoteh beberapa teman saya setelah mlihat aktifitas bumil ini dalam 5 hari terakhir. Abis, emang ada yang dicari sih, n kebetulan saya ngerasa masih sanggup jalan2 ke 2 tempat itu, yang penting bermodalkan tissue basah aja, kalo ada bau asep kendaraan bermotor atau bau2 yang lain, indra penciuman saya ini bisa ditutup selama beberapa waktu. Hari Jum'at saya ke Prumpung ampe 2 kali, kenapa rajin bener ? Kalo bukan karna mo ngecek pesenan piano tuk kadonya Aurele yang juga gak ampe begitu deh, hehehhe pagi ke sana, janjian dengan Maya, tapi ternyata belum masuk toko barangnya, tapi sudah dibeli. Makanya saya kembali lagi ke sana sekitar jam 18.30 dengan rombongan kecil, ada eyang, ada tante plus anaknya n gak ketinggalan si mas kecil yang selama 45 menit di sana senang sekali liat pembeli yang mondar mandir di toko itu n pada pegawai toko yang berseliweran bawain barang masuk ke Toko dari sebuah truk kecil. N akhirnya .... muncullah piano kecil yang sudah saya tunggu2 selama kurang lebih 1 bulan. Langsung dicoba-coba sebentar n abis itu cabut deh. Seneng deh ama si piano kecilnya, suaranya OK n dijamin si Tole pasti suka nih. Tapi belum diinstal, rencananya besok pas ultahnya Tole. Sayang anak sayang anak .. hehehe.....

Nah, kalo ke Tenabang (kalo kata orang Betawi), hari Kamis dah ke sana, cari beberapa barang n berhubung masih banyak yang tutup toko2nya, jadi makanya hari Senin pagi aya n eyang kembali lagi ke sana. Alhamdulillah barang2 yang diperluin cepet dapet, semua walaupun masih banyak toko yang tutup. Tapi balik lagi deh minggu depan ke sana. Doyan bener sih ? Ya iyalah, di sana saya bisa puas beli bahan katun bagus2 di satu toko fave, (toko BUDI MULYA, blok F) trus di blok A, bisa pesen sprei berkualitas bagus dengan harga lebih murah pastinya dibanding dengan di mall, (toko KITA n CATRA, lt B2) trus bisa juga beli bajunya Tole, sisa export so kualitasnya bagus (toko CITRA BUSANA, lt SLG) dan toko baju tidur yang bahan n jaitannya kuat (toko PIZERL di lt 6), buat temen2 yang pengen tau detil tokonya, jangan malu2 nanya ke saya yah, daripada muter2 kebingungan di Tenabang kan ? hehhee ....

Salah satu pemandangan di toko bahan sprei KITA (dia jual sprei/bed cover yang dah jadi ataupun pesen) persis di tumpukannya bahan sprei KING KOIL.

Contoh sprei tempat tidur Tole dengan kualitas kain katun menengah

Dari jamannya belum nikah, memang saya adalah satu fansnya Tenabang karna si eyang kan bisnisnya jait menjait atau kain2 tradisional dari sana, jadi udah biasa deh ke sana. Lagian, aji mumpung untuk saya, karna mumpung tinggal di Jakarta, nanti waktu kembali ke Paris kan udah ndak bisa lagi toh ..... Ayo, siapa mo ikut ke sana minggu depan ? hehheee

Nah, kalo ini posenya si mas kecil yang disayang lagi jalan2 di taman

Kamis, 09 Oktober 2008

Crita abis lebaran

Acara sibuk berlebaran dengan keluarga udah selesai so minggu ini adalah waktunya ketemu temen2, teman2 saya n Aurele juga yang kebetulan masih libur sekolah. Setelah SMS2an, akhirnya kesampean juga maen ke Prefere 72 ama Disa n Brenda disertai bocah2nya yang lucu hari Rabu kemarin. Dewi tadinya mo ikut ternyata gak bisa. Laen kali ya Wi ... Ada Maya juga deh, temen sekolahnya Tole yang kebetulan tinggalnya gak jauh dari kita. Lucu n seneng liat mereka lari2, lompat2 n nyobain semua permainan, serasa gak ada capeknya. Apalagi Tole hari itu gak tidur sama sekali, padahal paginya itu sengaja aku ajak main di skolahnya yang lama, Discovery Center, Menteng (bisa datang kapan kita mau) supaya dia capek n jadinya siang itu bisa tidur enak. Tapi itu ternyata cuman harapan, emang kadang nih si jagoan kecil kalo dah dibilangin mo ada temen yang ke rumah atau mo ketemu temen di luar rumah, dia jadi terlalu excited, dah kebayang pengen cepet2 ketemu n bisa main bareng, walhasil gak tidur siang juga. Tapi gak papah deh, yang penting tetep mau makan bagus n gak rewel karena ngantuk. Cuma dah hampir tidur aja waktu main ayunan.
Buktinya mereka hepi bener ? Monggo diliat yang di bawah ini ....





Gimana dengan perut ? Dijamin udah tambah seksi alias tambah maju perutnya. kalo dari belakang sih gak kliatan hamilnya, tapi gitu dari samping, hehehheeeee kayak ada bola nempel gitu. Gerakan si bubba pastinya tambah terasa n kalo mamannya lagi ngobrol atau lagi denger musik, sering banget si bubba beraksi, ya lah .. dah masuk minggu ke 24 soale. Gak trasa deh. Sampe saat ini semuanya masih normal, masih kuat pergi ke Tanah Abang, masih bisa ke Ps Mayestik, masih bisa kasih ASI, masih suka "gak sengaja" lari (lupa kalo hamil)., cuman gak kuat aja ama yang namanya polusi udara dari asep kendaraan n bau rokok, bisa langsung pusing dibuatnya deh. Wong, gak hamil aja udah sensitif idungnya. Si mas kecil tambah semangat tuk ngobrol sama adeknya karna perut mamanya dah kliatan toh, jadi dia tambah yakin kalo emang ada sesuatu di dalamnya. Urusan cium mencium perut si maman, mmmm jangan tanya deh, sampe2 kadang di tempat umumpun dia pengen buka bagian depan baju mamannya tuk kasih ciuman. Kalo lagi main sesuatu, Tole suka nunjukin ke si "adek" sambil bilang (misalnya), "baby, ini tcut tcut (kereta api)", atau dia kasih potongan kejunya ke si "adek". Pinter euy bebe maman, smoga sayang terus sama adek ya nak .... adek pasti juga sayang sama masnya. Je vous aime tous les deux.

Kiriman PR dari Astrid baru aja bisa dikerjain (sok sibuk bener nih bumil)

Monggo dilirak lirik ....

Empat Kerjaan

Menyiapkan anak n suami tercinta sebelum berangkat beraktifitas
Masak tuk penghuni rumah, kalo toh ada pembantu, biasanya si mbak yang motong2
Main sama Aurele
Membikin postingan dan blogwalking


Empat Tempat Tinggal

Jakarta – saat lahir sampai 2002
Paris - dari setelah nikah sampai 2006
Tokyo - 2006 sampe 2007


Empat film yang udah 100x ditonton

God Father
Friends
Barney
rasanya baru 3 itu sih



Empat TV show favorit

4 Mata
Cita-citaku
Jalan Sesama
Kick Andy


Empat Makanan Favorit

Coklat
Somay ikan
Arem-arem
Ice Cream


Empat situs favorit


Parenting
Hanya wanita
Tempo
Nakita



Empat Target Berikut


Debbie
Dewi
Febrie
Vera


Jumat, 03 Oktober 2008

Mohon Maaf Lahir dan Batin


Seiring embun di pagi hari, setulus rasa ungkapan di lubuk hati yang paling dalam, "Mohon Maaf Lahir dan Batin, Selamat Hari Kemenangan, Semoga Allah memberkati kita semua".

Jumat, 26 September 2008

H - 5

Kenapa H - 5 ? Karena ada beberapa kejadian yang membuat hati saya berbunga-bunga di hari Jum'at aka 5 hari menjelang lebaran. Dimulai dengan kontrol ke dr kandungan. Saya sudah pasrah dan ikhlas untuk apapun jenis kelamin si bubba di dalam perut ini dan sudah saya sangat siap mental kalau si dokter mengatakan "laki2 bu !". Toh tidak heran, karena di keluarga besar saya dan suami memang genetik laki2lah yang lebih dominan. Yang penting bagi saya adalah si jabang bayi sehat dan pintar nantinya. Tapi ternyata perkiraan saya meleset, sang dokter mengatakan dengan nada yang cukup yakin, "perempuan bu !". Wow ! Kaget dan bercampur senang dong. Suami saya sudah tersenyum-senyum karena ternyata setelah kita keluar dari ruangan dokter, dia bilang kalau dia bisa melihat jenis kelamin si bubba di layar komputer saat USG dilakukan. So ini berita besar untuk keluarga kami, terutama untuk mertua yang sangat mengharapkan kehadiran anak perempuan di keluarganya. hehehheeee .... Smoga mereka tidak kecewa kalau ternyata begitu hari Hnya ternyata yang keluar "jagoan" kecil lagi, hihihhihi ..
Dokter bisa salah lihat toh !

Hal kedua yang bikin saya ingin senyum terus di hari jum'at itu adalah si jagoan kecil aka Tole
bilang "je t'aime" (aku sayang kamu) sama mamannya. Wuih, rasanya ! Nyaingin sensasinya si papa waktu bilang je t'aime deh, hehhheheeee ..... Kan critanya selagi kasih nenen sepulang dia sekolah, trus sambil ngomong2 tentang aktifitas hari itu, saya kasih pujian ke dia yang abis belanja ama teman-teman sekolahnya ke Food Hall di bawah. Si mas kecil gak rewel or nakal sama sekali. Betul2 ngambil barang yang diperbolehkan sama gurunya, yaitu susu kotak. Trus abis itu, saya bilang je t'aime sambil kasih ciuman ke dia. Eh gak lama abis itu dia bilang, "t'aime maman". Kebayang dong rasanya ........ Yang sudah jadi ibu pasti ngerti deh rasanya seperti apa.

Masih ada hal lain yang membuat H - 5 istimewa ? Masih kok. Si mas kecil yang udah memulai toilet trainingnya bilang "pipis" even dia gak dipakein undies specialnya. Kalo pake undies anti bocornya kan emang dia pasti bilang kalo dia udah keluar pipis dikit atau udah abis pipis, karena gak nyaman toh, ngerasa basah. Nah ternyata hal ini berlangsung juga walaupun dia pake diaper. Berarti kan dia udah tahu bin trasa kalo dia mau pipis atau sedang pipis. Emang dia belum lulus toilet training, tapi buat aku itu udah kemajuan. Smoga cepet lulus ya nak !
ps : diaper dipake waktu dia di sekolah, waktu tidur n di luar rumah.

Alhamdulillah sampai saat ini saya masih bisa memberikan ASI ke Tole seperti niat saya dari awal, ASI sampai umur 2 tahun. Biasanya sih si Tole dikasih susu formula kalau saya tidak ada di rumah di waktu dia nenen. Atau kalau di rumah sedang ada tamu yang membawa anak kecil juga sementara waktunya tidur sudah datang. So biasanya dikasih susu formula dulu n setelah itu nenen n baru ditidurin, jadi ada waktu lebih sedikit untuk Tole bermain dengan temannya. Pro n kontra atas menyusui selagi hamil, tapi ternyata setelah saya cari2 informasinya, boleh-boleh saja, sepanjang tidak menimbulkan kontraksi dan si ibu bisa makan yang dan minum yang sehat. Kualitas dan kuantitas makanan si ibu tentunya jadi lebih banyak dari porsi biasa. Tentu dong, kalau waktu hamil saja kita membutuhkan kalsium (misalnya), dari sebelum hamil. Gimana cara nyiasatinnya bila tidak bisa atau tidak suka akan makanan tertentu yang mengandung zat penting bagi tubuh si ibu hamil dan menyusui ? Contohnya, selama hamil ini, saya kurang bisa minum banyak susu segar dikarenakan rasanya yang menurut saya masih membuat saya eneg. Jadi sebagai gantinya, saya makan yoghurt, alpukat, keju atau jeruk (bukan jus jeruk buatan pabrik yah). Pokoknya, selagi saya ingat untuk makan yang bagus, biarpun saya tidak selera makan sementara sudah waktunya jam makan, saya berusaha untuk menelan makanan bergizi itu walaupun jumlahnya sedikit.

Spik spik tentang Tole, sekarang ini dia hobi berat main dengan lilin. Sebelumnya kan dia jijik tuh, tapi selama bulan puasa ini kan dia tambah rajin berpartisipasi "bikin" kuker bantuin mamannya di dapur. Iya, Aurele suka banget kalo diperbolehin ngaduk adonan dengan spatula atau adonan yang udah padat, tapi pastinya dah cuci tangan yang bersih dulu ya ..... So jijiknya terhadap sesuatu yang menyek menyek gitu yah. Kadang kalo dia main lilin ini, dia suka bilang kalo dia sedang bikin "kik" aka cake, trus digigit deh. Enak mana lilin ama kue semprit maman nak ? hehehehe ..... Tapi untungnya ini lilin emang aman even termakan oleh anak, merknya Crayola, waktu itu nitip beliin ama Liza. Thanks ya Lis .....
Ini nih buktinya.


Pertunjukan air mancur di Grand Indonesia yang bikin si mas kecil terkagum-kagum


Bila si kecil lagi bengong

Pagi hari, sebelum berangkat "sekolah", si Tole suka menggok bentar ke mobil papa, berharap dianter papa ya nak ....