Minggu, 22 Februari 2009

Tambah 1

1 tahun umur saya bertambah, 1 pangeran kecil bertambah dan menghiasi hari-hari saya, 1 orang batita yang sehat dan lucu (gak ada yang boleh protes yah ! hehehe) dan 1 orang suami ganteng yang sayang sama istrinya dan tanggung jawab terhadap keluarga (tetep gak boleh ada protes yah !), para sahabat dan temen2blog yang baik, membuat hidup saya terasa lengkap dan membuntukan ide untuk kado di hari jadi saya yang ke ??????? (saya masih tetep ngerasa 23 taun lho - nyaingin Lisa... gak tau malu yah, hehe).

Terima kasih Tuhan atas semua karunia yang kau limpahkan kepadaku.

Aurele n boneka Barney barunya, "hasil" ngebujuk eyang

Flavien 3 minggu

kakak adek kompak yah

Tuk temen2 blog, saya sekeluarga ucapkan terima kasih banyak setulus hati atas ucapan do'a dan selamat, kunjungan dan bahkan "kirimannya" atas kelahiran Flavien. Smoga persaudaraan kita jadi tambah erat.

Senin, 16 Februari 2009

Nano nano minggu lalu

Punya 2 anak ? Seru banget. Seneng, ngelus dada, gemes, dll (mungkin beberapa tahun lagi pusing, ehhehe). Sebagai ibu yang baek (paling nggak dicoba dong), saya berusaha untuk adil, sabar, gak lupa tuk kasih pujian dan mengobral kata "sayang" pada ke 3 buah hati saya (kalo papanya gak dimasukin, tar ada yang ngambek dong, hehehe). Cuman ternyata emang gak gampang juga yah untuk gak marah. Kemarin sore, mungkin karena si Tole yang dah ngantuk, trus dateng acara cemburunya sama Flavien yang lagi nenen, untuk ke 4 kalinya (dalam hari itu), dia mukul kepala si adek setelah saya meminta dia untuk jangan peluk si adek terlalu ambisius dulu, karena si adek gelagepan. Sontak saya jadi marah (karena sudah diperingatin sebelumnya) dan menyentil salah satu jari mungilnya, "maman kan tadi dah bilang, gak boleh pukul2 atau cubit, apalagi Flavien kan gak nakal n masih baby. Nanti mas gak punya temen kalo suka begitu. Sekarang minta maaf sama adek, kalo gak mau minta maaf, mas Aurele ke sana aja !" Reaksi si Tole ? Tidak bergeming dari hadapan saya sambil terus memandang ke saya dengan pandangan kaget dan sedih. Nyesss langsung deh saya ngerasa nyesel dah bentak2 si pangeran kecil ini, tapi papaanya Tole ngeyakinin saya kalo itu adalah sah2 aja aka tepat, toh si Tole sudah diperingatkan dengan omongan dan juga pelototan sebelumnya. Minta maafkah si Tole ? Iya sih, 1 menit kemudian dia langsung minta maaf sambil cium adek n mamannya. Sayapun juga langsung menjelaskan ke si bocah kalo mamannya marah bukan berarti mamannya gak sayang, tapi supaya dia belajar. "Anak maman ada 2 sekarang dan semuanya mama sayang, papa sayang, kalo mas dimarahin bukan berarti mas gak disayang, tapi muluk orang itu ndak bagus, kalo mas dipukul kan juga gak mau, bisa sakit mas ............. bla bla ..... Malem harinya sebelum tidur, saya tetep aja masih ngerasa nyesel dah ngebentak Tole, masih kepikir, "kenapa sih gue harus bentak dia, kan harusnya masih bisa ngomong dengan lebih pelan nadanya, kan si Tole itu lagi masa transisi harus berbagi dengan adeknya, toh so far dia udah jadi a good big brother tuk Flavien, ............. huhuhuu maafin maman ya sayang ...."

Cerita keluarga kami tentang minggu kemarin ? Asik n seru. Wikennya juga seru. Luka sunat Flavien udah OK menurut Dr Alexandra. Bis dari RS, sempetin makan siang di restoran Sushi n Sashimi yang enak banget n direkomendasikan ama orang2 Jepun, IPPACHI namanya, ada di Arcadia Senayan. Bales dendam nih ceritanya, kan kemarin2 pengen makan suhi tapi harus nahan nafsu dulu, ehheheeeeee Abis itu jemput Tole, taruh Flavien n lanjut ke ultahnya Shaina n ketemu dengan Isty, Brenda, Dissa, Dewi n Ocha (bundanya Alma, ketemu juga akhirnya ya bu !). Minggunya pun juga kedatangan Debby dengan si Denis n Dika yang ternyata takut liat papanya Tole, heheheee besok-besok jangan takut ya Dik, papanya Tole baek kok, gak gigit, eheee Beneran takut lho dia, ampe lompat n langsung ngumpet gitu Nicolas mendekat. Febrie gak jadi dateng cos mendadak Jorrel sakit n harus dibawa ke RS. Cepet sembuh ya Jorrel .....

Masih cocok gak ya kalo begini posenya ?

Tentang Aurele, si mas kecil saya ini seneng banget waktu saya dan suami meluangkan waktu tuk main dengan dia tanpa melibatkan Flavien. Pastinya itu penting tuk dia karena dia merasa bahwa ternyata orang tuanya gak lupain dia walaupun ada kehadiran si adek kecil. Jumat malahan saya datang ke sekolahnya pas kebetulan ada pentas bulanan. Tole seneng banget n alhamdulillah Flavien juga anteng plenteng. Smoga gak kena penyakit ya nak .....

Sempet sakit hari Selasa lalu, panas tinggi 40,5 derajat yang ternyata karna si radang tenggorokan, tapi besoknya udah OK.

mmm jangan panas tinggi lagi ya sayang ..

Masih suka nenen, walaupun gak tiap hari. Tetep gak mau dipotong rambutnya. Tambah seneng jogat joget "Barney" n masih pagi bangunnya, jam 5 - 6 gitu yang sering, malempun masih sering mimpi jelek. Ada yang punya pengalaman sama ama Tole ? Smoga bangunnya cepet balik ke normal ya mas, kasian kamu jadi ngantuk kalo dah mo brangkat sekolah. Berat badan gimana ? Turun setengah kilo dari yang sakit kemarin, so 12,5 kg n tinggi 97 cm. Kalo Flavien nangis dan Tole ada di rumah, pasti deh jagoan kecil saya ini langsung ngibrit sambil bilang, "kenapa nangis baby ? Ini Ole datang". mmm seneng banget denger dan liatnya.

Salah satu pose tidurnya Flavien


Kalo Flavien ? untuk ke 4 kalinya dia tengkurep lagi (sendiri) tadi malem. Mamannya gak boleh kelupaan kasih batesan bantal nih kalo Flavien lagi ditaruh di tempat tidur besar. Matanya tambah sering kebuka n tambah sering plarak plirik, tertarik kalo ada cahaya n jarak penglihatannya kliatan dah bertambah. Masih suka bobok n malem kebangun sekali, biasanya sih sekitar jam n bangun lagi ntar jam 7.30 - 8.30. Tapi waktu sore mpe malem (sekitar jam 4 - 9, mimiknya bisa kuat tuh). Beratnya sekarang 3.850 dan panjangnya 54,5 cm.

So cute ..

Kabar saya ? Alhamdulillah baik dan sehat. Sudah bisa ke sana n kemari aka sedia kala. Luka sayatan cesarnya juga sudah OK, cuman karena kemarin Aurele sempat "manjat" ke saya, jadi kadang perutnya suka terasa dikit ngilu. So far juga baby blues tidak mampir ke tubuh saya, jangan "mampir" ya ........

Tambah sayang deh maman sama kalian berdua, tuh kan dah pengen cium lagi. Muuuuahhhh
video

Rabu, 04 Februari 2009

Je m'appelle Flavien

Flavien Anindra DREAN, demikian nama kedua buah hati kami aka adeknya Tole yang lahir tanggal 31 Januari 2009, jam 09.51, dengan berat 3925 dan panjang 50 cm. Terima kasih Allah SWT yang telah memberikan karunia tidak terhingga ini, semoga kami bisa menjadi pembimbing yang baik untuk kedua buah hati kami.

Foto setelah kontraksi. Masih tetep cantik dengan perut segede dandang kan ? hehehhee


Siap masuk ke ruang operasi.


Voila, notre petit ange. Gak heran kenapa perut maman besar ya sayang .....


Hepi, terharu dan lega .....


Mau tau cerita lengkapnya ?
Dari hari Kamis, pinggang ke bawah rasanya dah gak karu-karuan, perih teramat sangat dari pangkal paha sampai ke telapak kaki, itu akibat dari peregangan luar biasa ligamen rahim mengingat ukuran bayi yang besar untuk panggul saya.
Hari Jum'at siang, sekitar jam 11.30 persis abis selesai makan siang sama para bumud di High Scope, kok terasa ada sedikit cairan agak hangat yang keluar dari jalan lahir. Baru kejadian sekali nih. Cek ke toilet n trus tanya ke teman yang udah pernah ngalamin pecah ketuban, n kayaknya emang itu air ketuban yang mulai ngerembes. Keluarnya si air ketuban itu dikit2 sih, aku gak gitu khawatir walaupun itu berlangsung ampe kira2 jam 5 sore, masih sempet ngeteh2 di apartemen sama beberapa teman. Ada kontraksi 1 sekitar jam 3 dan langsung telepon ke suster prof Nugroho, dia bilang, harus telpon per jam untuk liat kondisi. Emang udah feeling kali yah akan ngelahirin gak lama lagi, saya langsung melengkapi perlengkapan suami ke dalam tas untuk persiapan melahirkan dan masak ayam panggang, oseng labu siem bakso dan sayur asem agak banyakan, just in case, saya ternyata betulan melahirkan, urusan dapur dah selesai, jadi kalo ada eyang atau si om yang nginep di rumah tuk ngawasin Tole kan gak mikirin soal makan lagi. Secara pembantu di rumah kan pulang pergi gitu n sabtupun cuman 1/2 hari n minggu libur. Ternyata jumat sore itu, setelah ujan deres plus angin, jalanan macet ampun-ampunan. Si mas besarpun walhasil telat nyampe rumah, padahal kan harus ada di RS jam 7. Jalan Sudirman kliatan padat gak gerak akhirnya saya putusin untuk makan di rumah dulu bentar sambil Aurele ditidurin lebih cepat, toh percuman juga jalan kalo mobilnya gak gerak juga. Untungnya Roma, sahabat saya yang emang rencana nginap malam itu, udah saya wanti2 kalo ternyata rencana berubah aka saya tidak pulang karena melahirkan. Akhirnya jam 7an berangkat dan sampai sampai di sana sekitar jam 8.30 kalo gak salah. Poliklinik dah tutup, prof Nugroho lagi ada operasi, saya ke toilet sementara si petugas RS mencoba untuk menghubungi Prof Nugroho. Setelah selesai pipis dan mulai berdiri, tiba2 ada bunyi, "krek" disertai dengan keluarnya air sebanyak mungkin kira2 200 cc. uhm, kali ini yakin 100% kalo itu ketuban. Keluarlah saya dengan celana basah dan menunjukkan kepada perawat di sana. Setelah dapat instruksi dari prof Nugroho, diputuskan bahwa saya tidak boleh pulang malam itu. 20 menit nunggu kamar disiapin, dan setelah itu langsung dipasang alat fetal monitor sambil ditest semburan air di kamar mandi tadi untuk memastikan kalau itu air ketuban. Selama 30 menit ke depan, ternyata ada kontraksi sebanyak 7 kali dan positif air ketuban yang merembes di toilet tadi. Sekitar jam 12.30 setelah selesai melakukan beberapa operasi, prof Nugroho datang memeriksa dan bilang kalau air ketuban masih mencukupi dan kita lihat kondisiku 6 jam ke depan. Jam 3an, ada 1 kali kontraksi kecil. Jam 5 pagi, keluar lagi si air ketuban di toilet dan setelah spik-spik dengan si Prof Nugroho, diputuskan untuk operasi jam 9. Ada kepanikan sedikit di dalam hati saya, kenapa ? Karena si mas besar tidak boleh langsung masuk ke ruang operasi, melainkan harus menunggu sampai semuanya siap. So suntikan peridural diberikan tanpa didampingi si mas. Dah baca Bismillah gak tau berapa kali n coba pasrah saat dr anastesi yang cukup ramah ini menusukkan jarum suntik ke tulang punggung saya. Sukses ! Suntikan kedua (untuk memasukkan obat bius) .... setelah dicoba beberapa kali ternyata tidak berhasil. Jarum terlalu besar, akhirnya digantilah jarum suntikannya dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih lancip, sukses. Rasa deg-degan berganti dengan lega dan keringatpun berhenti menetes (kebayang gak, di ruangan sedingin kamar operasi bisa keringetan). Akhirnya, Nicolaspun masuk dan mendampingi saya yang tiba2 saja merasa mulai ngantuk. Setelah beberapa lama dan mendengar instruksi dari dokter prof Nugroho kepada dr anastesi untuk mendorong di uarah lu hati dengan cukup kuat, akhirnya terdengarlah tangisan pangeran kecil kami yang kedua. "Halo Flavien sayang, papa maman udah tunggu2 untuk liat kamu.". Setelah diperlihatkan kepada kami, Flavienpun dibersihkan seadanya dan diberikan kepada saya untuk langsung disusui. Buah hati saya ini ternyata cukup piawai dalam hal menyusui dan alhamdulillah ASI sayapun mengucur dengan cukup deras. Putra kami terlahir dengan lengkap dan sehat. Rasanya ? Gak terlukiskan jadi ibu untuk yang kedua kalinya ........

Sejak hari Selasa sore kami sudah pulang dan sekarang ada agenda baru yang membikin hari2 saya tambah warna warni, bangun dini hari karena si kecil pup sampe mencuci popok atau celana yang terkena kotorannya. Oya, Flavien langsung disunat hari minggu malam lalu, makanya tidak ada istilah pake diapers dulu di minggu2 pertama ini. Dokter menyarankan untuk menggunakan popok biasa atau celana. Hari ini Flavienpun sudah puput pusernya. Smoga luka sunatnya cepat pulih deh, biar mamannya lebih gampang ngelakuin acara "bersih2"nya.

Gimana dengan Tole ? Tole seneng banget dengan hadirnya si adek ini. Bilang adek/baby sayang terus, suka pegang, elus atau cium si adek, kalau Flavien nangis, Tolepun ikutan sibuk menanyakan kenapa si baby nangis dan suka bilang, "it's OK baby, jangan nangis, ada Ole sini" ..
so sweet..... Suka bantuin mamanya kayak taruh baju kotornya si adek di keranjang pakaian kotor. mmmmm bangga deh punya anak kamu sayang, smoga gitu terus ya .....
Tapi kalo nenen ? hheheeeeee cuma pertama kali waktu Tole liat adeknya di RS aja yang dia gak minta nenen, terpana dengan mata keheranan aja reaksinya. Sekarang ? Dah 2 hari ini Aurelepun minta jatah sama mamannya (2 kali sehari biasanya), walhasil, tandem deh ! Untung ASI maman cukup ya sayang .... Gak papah deh, pelan2 juga nanti si mas Tole pasti mau ngalah. Saya dan suamipun setuju untuk tidak langsung mengcut jatah nenennya si Tole, takut nanti dia merasa disisihkan.

So kabar saya ? Baik dan lagi nikmatin banget agenda barunya dan berusaha terus tuk bisa mengurus si 2 buah hati dengan adil n sebaik mungkin.
Love you so much my 2 princes ........ muuuuuaaahhhhhhh