Senin, 17 Mei 2010

Tokyo, we're back .....



Setelah beberapa lama menunggu dengan gak sabar, akhirnya dateng juga bulan Mei dimana rencana liburan ke Tokyo sudah direncanain dari 8 bulan lalu. Daftar makanan, tempat tuk jalan2, shopping, dah tersusun rapih n kebawa mimpi, hihihiihi Bukan cuman saya yang antusias, suami saya lebih antusias lagi, Tole juga gak kalah semangat dengan papanya, eyang bayem aka eyang putri juga dah mimpi2 liat toko bahan katun di Shibuya (hahahha maklum deh si eyang emang tukang jait, jadi ngerti aja dimana ada bahan bagus), Om Angga (adek saya) yang dah pengen liat juga seperti apa negeri sakura ini, intinya cuma Flavien aja yang reaksinya datar, hehehe secara yang penting tuk pangeran kecil ini adalah mamannya plus kendi susunya, hehhehee .......
Rombongan kami ada 6 orang, seharusnya ada 7 tapi akhirnya ibu saya tidak jadi ikut sehubungan dengan nenek kami tercinta yang sekarang akhirnya berpulang ke rahmatullah masuk ke RS hari minggu dan langsung koma, 5 hari sebelum kami berangkat ke Jepang.

Berangkat jum'at malam dengan naik Korean Airlines dan sampai di Tokyo sabtu siang, transit di Seoul - Incheon 2 jam. Kesan saya terhadap Korean Airlines ? Lumayanlah ... makanan - biasa aja, kru - baik, ramah dan respon cepat, keamanan (seat belt dan pelampung tuk anak) - tidak diberikan terus penutup basinet modelnya hanya perekat bukan dengan resleting, so gak toplah tuk keamanan anak. Alhamdulillah anak2 tidak rewel n sakit selama di perjalanan, cuma Flavien yang sempat rewel dikit karena ngantuk, maklum deh, penerbangannya itu jam 10 malam jadi selama 20 menit pertama, si jagoan kecil saya ini rewel dah ngantuk berat sementara lampu masih terang benderang.

Sampai di Tokyo, kami naik Tokyo Limousine (seperti DAMRI) dengan pemberhentiannya di Ritz Carlton - Mid Town (salah satu mall besar n terkeren di Tokyo) dan berjalan kaki sampai di Kyoei Residence Akasaka, apartemen tempat kami tinggal selama liburan ini yang mana adalah tempat kami tinggal dulu, so gak heran kalo liburan kali ini cukup special karna ada banyak memori kami di Jepang, terutama di Tokyo.

Kami cuman "beredar" di kota Tokyo, gak sempet deh kalo mo ke luar, secara bawa anak kecil, jadi ritmenya gak bisa ngebut juga gitu. 1 hal yang saya n suami pengen banget adalah pergi ke onsen aka pemandian air panas dari sumber mata air panas. Tempat kedua adalah Nikko - Edomura. Daerah2 yang kami kunjungi di Tokyo adalah Ropponggi (secara emang tetanggaan ama Akasaka), n sempet makan siang bareng ama sohib saya di kampus Darma Persada yang kebetulan menikah dengan orang Jepun dan sekarang tinggal di salah satu suburb Tokyo, Indah-san di resto Indo, Putri Bali di Ropponggi Hills. Yuki, anaknya I'in pun kompak main ama Tole, so mamanya jadi anteng deh, bisa ngobrol2.


Dari sana, rombongan kami langsung lanjut ke Omotesando, jalan2 di sana n mampir ke Oriental Bazaar, tempat beli souvenir, bagus n murah2 lho .... kalo saya beli oleh2, biasanya sih di sini, nyaman pula tempatnya n isinya ? orang Perancis semua, gak tau kenapa yah. Ginza yang jadi ikon tempat shopping di Tokyo juga jadi salah satu tempat yang kami kunjungi, bukan.. bukan tuk shopping, tapi tuk makan mont blanc n minum chocolat chaud (coklat panas) di Angelina, salon de the terkenal dari Paris ... ini tempat fave saya n suami tuk minum coklat panas. Sempet cari celana dalam tuk Tole yang rupanya gak kebawa dari Jkt, ke GAP n H&M di Omotesando, tapi ternyata gak ada, ke UNIQLO n ke Matsuzakaya gak ada juga, walhasil nemuin juga di Takashimaya tuk dengan harga 2000 ¥ tuk 2 lembar celana dalam, huhuhu gak rela 100% sebetulnya beli celana dalam seharga Rp 100 rb / biji tuk Tole, wong di Mothercare aja cuman 15 ribu atu, tapi kalo dah butuh, mo gimana lagi dong ... di toko2 yang disebut tadi cuman ada tuk bayi aja (emang kalo mo beli perlengkapan/pakaian anak, biasanya di mall2 Tokyo itu gak gitu lengkap, kalo mau harus pergi ke toko khusus anak n ibu hamil, namanya Akachan Honpo, ada beberapa di Tokyo.
Acara belanja saya lanjut ke butik MUJI - di Hibiya, gak jauh dari Ginza. Saya adalah MUJI lover n merk kedua fave saya adalah UNIQLO. Saya suka beli pakaian yang harganya masuk akal n kualitasnya OK n kalo bisa katun dengan model baju yang klasik karna saya juga bukan pemuja fashion. So pilihan yang tepatnya emang MUJI n alhamdulillah ada sale dikit. Jadilah koper saya dipenuhi dengan beberapa kaos kaki n legging (tuk persiapan kalo musim dingin di Paris), baju anak2, beberapa potong pakaian saya n suami. Gak belanja banyak juga, sayang duitnya, hehehe
Asakusa juga termasuk salah satu tempat yang wajib dikunjungi, Sensoji Tempel yang merupakan salah kuil tua di Tokyo adalah tujuan kami, khususnya tuk adek saya yang baru pertama kalinya menjejakkan kakinya di negeri Sakura ini. Pas hari itu penuh anget dengan rombonan turis dari Cina n Korea n juga study tour dari Hokkaido n dari daerah di luar Tokyo lainnya.


di pasar Asakusa sambil menikmati matcha ice cream sebagai disert

"becak" Jepang yang masih bisa ditemui di Asakusa. Gak digenjot tapi ditarik, seperti di Thailand, Vietnam, Cina

Hunting pisau di Kappabashi Dori yang terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak toko2 yang jual alat2 dapur tuk preofesional - biasanya tuk restoran, jual contoh makanan - palsu yah - yang biasa dipamerkan di etalase restoran, lupa euy istilahnya (dekat Asakusa) juga termasuk salah satu agenda saya. Ada 2 teman dari Jakarta yang minta tolong dibelikan pisau tuk daging n ikan. Saya sendiri cari pisau tuk bikin fillet ikan, biar bisa bikin sushi n sashimi sendiri trus bisa bikin resto n jadi saingannnya Sushi Tei deh, ahahahhahahaha Monggo diliat pisau specialis bikin filet ikan yang asli dari Osaka yang emang tekenal sebagai daerah pembuat pisau di Jepun. yang akhirnya saya beli di 1 toko khusus pisau di Asakusa. Range harga ? dari 4500 ¥ ampe 50.000 ¥. Ini harga pisau tuk profesional yah, kalo pisau biasa aja sih bisa dibawah itu.


Tuk nepatin janji ama si 2 jagoan kecil, kamipun pergi ke aquarium dan kebun binatan mini di Ikebukuro, sebetulnya sih niatnya ke aquarium yang paling terbesar di Tokyo di Shinagawa, tapi ingatan saya kok pada waktu itu kok Ikebukuro, jadi salah deh. Maaf ya anak2ku .... smoga laen kali bisa ke aquarium yang di Shinagawa.


Sempet juga kita jalan2 ke Otemachi, dimana si mas besar dulu berkantor di daerah itu, jadi nostalgia gitu n makan siang di resto sushi fave di sana. Tole sempet ditawarin makan sushi, tapi ternyata gak pengen n cuman cobain tamago aja (sushi dengan topping omelet ala Jepun). Makan sushi ampe penuh rasanya mau meletus, super kenyang euy, mumpung di Tokyo, bukan waktunya tuk peduli ama timbangan berat badan, hehehehe (ngeles.com).
Mo liat 'lautan manusia' lagi nyebrang jalan atau gaya "tabrak" para remaja n anak muda seperti di Harajuku ? Tengoklah ke Shibuya, dimana ada toko bahan fave saya n pastinya tawaran beli bahan dari pacar saya gak dilewatkan begitu saja.


Alhamdulillah anak2 sehat n gak rewel, justru seneng banget walaupun udara gak bisa dibilang panas, cuman hari sabtu n minggu aja yang anget aka sekitar 23 derajat, sisanya ? berkisar 12 - 19 derajat, tapi ada matahari n cuman 2 hari ujan. Untungnya saya bawa jaket n baju tangan panjang juga, secara emang belum waktunya musim panas gitu, walapun temperaturnya udah sempet panas selama 2 minggu sebelumnya, tapi kan tetap perubahan cuaca bisa aja tterjadi. Sedia payung sebelum ujanlah cos bawa anak kecil. 2 pangeran kecil saya diajak ke taman (koen) hampir tiap hari (di Mid Town). Mana taman Jepunnya tuh bagus banget, bersih n lengkap deh fasilitas tuk anak2nya, ada mainan n toilet yang dilengkapin dengan meja tuk mengganti popok anak. Asik kan ?

At the park


Japanese Garden at New Otani Hotel - Akasaka Mitsuke





Aurele n Flavien seneng juga diajak jalan kaki, ya gak terus2an jalan kaki yah, pake baby stroller juga. Mereka bisa liat sekeliling, ada traktor, ada pemadam kebakaran, metro, dll. Kalo toh Flavien merengek dikit karna ngantuk jadi mau nenen dulu, tinggal gendong deh, sambil bisa kasih ASI tanpa ketauan orang pula, asik kan ...


Selain seneng diajak belanja ke supermarket, mereka juga cinta banget ama yang namanya naik metro/subway. Beli tiket n masukin tiket ke mesin, adalah tugas Tole. Tugas Flavien ? ngoceh2 di dalem metro, hehehe

Tokyo Metoro (Tokyo Metro)







Ketemuan temen ? iya dong, tapi emang gak bisa banyak karna yah karna jadwal padat n bawa anak membuat ruang bergerak juga terbatas. Selain Indah n keluarga, sempet juga ketemu sama mbak Gina yang baik hati banget yang kebetulan juga ngajak anak gadisnya yang seneng main ama Tole sambil ngemil2 di creperie breagne di Akasaka n ketemu juga ama jeng Tini. So punten banget gak bisa ketemua temen2 laen yah, smoga dikaish umur panjang, sehat terus, murah rejeki, jadi bisa ke Jepun lagi, atau tinggal di Tokyo lagi ? eheheehehe

Makanan

At ANGELINA - Printemps, Ginza


Yakitori - Roppongg Hills (sayang resto Yakitori fave di Akasaka n Ropponggi Itchome dah tutup)

di ruang tunggu resto (di dalam atau di depan resto biasanya disediakan beberapa bangku untuk orang menunggu n ngantri)

di depan resto sushi di Otemachi

resto udon - Akasaka


pssstt ... ini dia nih, hasil karya saya, yup, hasil jaitan "ngaco" saya, si yukensi warna merah. Masih harus banyak belajar tapi cukup seneng dengan karya "pertama saya (narcis dikit gak dilarang toh ???)


Saya recommended banget Kyoei Residence Akasaka yang beralamat di Akasaka 6 chome, 5-25, Minato-ku, Tokyo, ke temen2 yang pengen pergi liburan ke Tokyo. Bukan cuman letaknya yang di pusat kota, tenang tapi tidak jauh dari keramaian dan strategis (stasiun metro/subway : AKASAKA - 150 m, AKASAKA MITSUKE - 700 m, TANMEIKE SANNO - 600 m, ROPPONGGI ITCHOME - 500 m) tuk ukuran orang Jepun n Perancis, jarak segitu tergolong tidak jauh, banyak fasilitas seperti restoran, 6 supermarket plus combini aka mini market yang buka sampai larut malam, toko obat aka drug store, restoran Jepang, Indonesia, Perancis, Spanyol, Itali, bar2, mall super keren seperti Mid Town dan Ropponggi Hills, taman dengan dilengkapi sarana bermain anak. 2 orang staf di managemen building di Kyoei Residence Akasaka ini bisa berbahasa Inggris (jarang2 lho di Jepang). Harganyapun OK banget dibanding nginep di hotel. FYI, di Jepang, harga kamar di hotel2 dihitung per kepala, bukan per kamar, berkisar mulai dari 8000 ¥ pada umumnya. Harga sewa apartemen kami yang sudah lengkap atau bahasa "jawanya" fully furnished" n service apartemen (3 kali seminggu house keeping akan membersihkan apartemen sementara sampah diambil setiap hari) adalah 22.000 ¥ untuk apartemen seluas 138 m dengan 2 kamar tidur dan 25.000 ¥ untuk apartemen seluas 138 m dengan 3 kamar tidur. Ada juga sih studio, tapi saya tidak tau harganya karna yang saya cek emang type seperti disebut tadi di atas. So, enakan nyewa apartemen kan ? bisa masak pula .... (malah saya bawa 1 kotak rendang, 1 kotak, belado teri kacang dan 1 kotak cakalang rica n alhamdulillah lolos sensor aka gak disuruh buka koper ama petugas bea cukai di Narita, kalo suruh buka, melayang deh itu makanan, hehehhee)

Singkat kata, liburannya menyenangkan n jujur, sebetulnya masih pengen lebih lama lagi di sana, walaupun yang namanya keluar tuh bisa dari pagi jam 10an mpe malem jam 8an. Tapi, begitu kami sampai di bandara, ada berita duka yang saya terima via sms. Nenek tercinta saya telah berpulang rahmatullah hari jum'at tanggal 14 Mei, jadi sehari sebelum saya sampai di Jakarta. Kebetulan HP saya gak bisa dipakai di Jepun, jadi SMS itu baru saya baca sehari setelahnya. Sedih tapi juga ikhlas karna memang mungkin itu yang terbaik tuk nenek yang telah selama 12 hari koma di RS dengan alat bantuan pada hati, jantung, ginjal dan paru2 demi kelangsungan hidupnya. Yah, memang nenek sudah tidak sadar waktu masuk ke RS dengan suhu badan 43 derajat n senangnya saya sudah sempat pamit ke beliau di hari pertama beliau masuk RS. 1 hal yang saya sesali adalah keinginan membuat foto dengan mama saya dan kedua buah hati saya belum sempet terlaksana. Selamat jalan nek .... smoga nenek diberi tempat yang layak di sisi Allah. Amin ...

14 komentar:

Vera mengatakan...

Waaaaw....Tole dan Flavien asyik banget liburan ke Tokyonya, alhamdulillah enjoy dan sehat2 ya.

Ikut berdukacita buat sang nenek, semoga diberi ketabahan bagi kluarga yg ditinggalkan.

Zulfadhli's Family mengatakan...

Inalillahi wa inna'ilaihi rojiun. Semoga amal ibadah nenek diterima oleh Allah SWT dan diberikan tempat disisi-Nya. Amien.

Btw seneng yah Mba yang abis holidei. pasti anak2 seneng banget, aplagi Tole.

Kapan atu Mba main ke sarawak? Kan deket ajah tuh dari Jakarta :-)

Kiss yah buat Tole dan Flavien. Mmmuuuaaacchh

Raquel Brenda mengatakan...

Ary....fun banget ya liburannya... Tole n Flavien pasti enjoy ya dgn suasana n udara baru...senangnya...

btw kami sekeluarga turut berduka cita, semoga keluarga yg ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan dan amal ibadah Almarhum diterima oleh Tuhan yang maha kuasa...

Nta mengatakan...

Mba Ary...

Sapa Tole dan flavien dulu agh yg tambah ganteng ajah :)

sebelunya turut berduka cita yaa mba, smoga nenek diterima disisi-NYA dan mendapat tempat trbaik disana dan untuk keluarga yg diinggalkan tabah.

huuu....senengnya 2jagoannya maman liburan ke tokyo, alika dibawain oleh2 baju harajuku gak heheheh :)

Nta mengatakan...

Mba Ary...

Sapa Tole dan flavien dulu agh yg tambah ganteng ajah :)

sebelunya turut berduka cita yaa mba, smoga nenek diterima disisi-NYA dan mendapat tempat trbaik disana dan untuk keluarga yg diinggalkan tabah.

huuu....senengnya 2jagoannya maman liburan ke tokyo, alika dibawain oleh2 baju harajuku gak heheheh :)

Motik mengatakan...

Waaa liburan lagiii.. Happy nih pastinya :)
Turut bduka cita ya mba ary, meski begitu alhamdulillah liburan lancar dan krucils pada sehat2 ya.. 2 bocah makin ngganteng aja mbak :)

Dwi Wulan mengatakan...

asiknyaaaa....boleh donk nihh, kalo buat referensi..;)

Buat nenek, turut berduka cita, semoga amal beliau diterima disisi-Nya dan kepada yang ditinggalkan siberi kesabaran..

Lidya mengatakan...

asyiknya yg liburan, maaf nih mbak baru bisa mampir, bloglist ku agak error.
Turut berduka cita juga ya

Desy Noer mengatakan...

whattt??? kendi susu!?? heheh...

senengnya yang bisa jalan-jalan ke LN nich. japun pula! aku sich negara jiran aja belom pernah.

ikut bela sungkawa atas meninggalnya nenek tercinta.

mami vaya mengatakan...

Aduh Ari...
Senangnya bisa ke Tokyo...
huhuh aku pengen banged bisa ke Jepang, tapi masih berharap nih alias kudu nabung bener-2 :D. Suamiku sih udah pernah ke Hiroshima waktu dari kantor....
Senang yaa liburannya. Itu ada foto Tole nangis, kenapa?? :)

BunDit mengatakan...

Waaa..kalau mampir kesini ngiri nih...liburan terus hehehe. Semoga selalu sehat ya 2 jagoannya :-)

ecy noverto mengatakan...

huhu mba ari bikin iriiii..kapan ya aku bs ke jepang..baca postingan mba ari aj dah bikin kebayang2..smg suatu saat aku pny kesempatan amien..

dan aku turut berduka cita ya mba, smg nenek mba ari di terima disisiNYA, dan kel yg ditinggalkan dberi ketabahan, amien..

yenni 'yendoel' mengatakan...

capek gak ry jalan2 bawa 2 krucils? untung gak terlalu rewel yah. anakku juga gak rewel. tapi yah gitu, yg sulung mabok darat. kalo naik mobil sehabis sarapan, bisa mun2. duh.. puyeng.

bunda Aliyyah mengatakan...

Wah kayaknya mba Ari benar2 lagi bernostalgia banget nih berlibur di jepang. Ada kenangan indah disana ya mba ... sampe2 kayaknya dah familiar banget ma jepang :)