Senin, 08 Juni 2009

Cerita ABC

Percakapan dengan seorang kenalan :
Si dia : oooo anaknya dah 2 tahun 8 bulan ya Ry. Udah cukup umur tuh tuk les macem2.
Saya : les apa tuh ? Emangnya si .... udah ikut les apa ?
Si dia : macem2 lah, senin ikut les berenang, selasa ikut les musik, rabu ikut les matematika
untuk anak2, kamis ikut les bahasa inggris, n lagi mikir lagi kursus 1 lagi tuk hari jum'at
Saya : oya ? padet juga yah kegiatan si .....
Si dia : iyalah, gini hari gitu Ry, biar dia nanti jadi sdm yang siap pakai, gini hari aja
persaingan udah ketat, apalagi ntar zamannya dia besar .... ayo dong, Aurele juga harus
mulai kursus2 yang menunjang dia tuh

Bener juga emang kalo sekarang itu persaingan dalam mencari pekerjaan tambah ketat, apalagi nanti dan 5 tahun pertama adalah Golden Age kalo wong Londo bilang, jadi sedari dini adalah saat yang tepat untuk membentuk kepribadian anak, membekali si anak pengetahuan dasar di saat kemampuan mereka menyerap hal2 baru dengan cepat.

Buat saya, sekolah untuk anak di bawah usia 4 tahun adalah tempat dimana anak bisa bersosialisasi, dididik untuk belajar menghargai perbedaan dan berbagi, percaya diri, berekspresi dan mendapatkan pengetahuan dasar. Bukannya mau pamer ya, Tole mulai "sekolah-sekolahan" sejak umur 5 bulan. Namun, anak tetaplah anak yang membutuhkan waktu untuk bermain dan kalau toh ada pengetahuan dasar yang ingin diajarkan (seperti matematika sedini mungkin - dalam konteks ini anak seusia Aurele aka mulai 2,5 tahun) tetaplah lebih baik jika diperkenalkan (bukan diajarkan) sambil bermain.
Tapi kalau anak seusia si cah bagus ini sudah mengikuti beberapa les tambahan dalam seminggu, kok rasanya ngesa'ke yah. Masih kecil tapi beban hidup tidaklah ringan (opo coba ?). Kalau tambahan berenang aja sih OK, tapi kalau mulai les piano (biasanya baru umur 4 tahun deh), matematika atau bahasa inggris, dll ... waduh ! Kasihan betul dia kekurangan waktu untuk bermain seperti layaknya anak seusianya.
Yah itu semua emang kembali ke laptop eh salah deh, kembali ke pendapat dan kebutuhan orang masing2.


Ngemeng-ngemeng... (kayak Tukul yang lagi distop sementara programnya, hik hik hik), jagoan saya yang sudah 2 tahun 8 bulan, sudah tambah cerewet ngomongnya, ampe papanya jadi terkagum-kagum karna bahasa indonesianya lebih pinter dari si papa. Apalagi sekarang ini Tole tertarik banget nanya tentang nama bangunan yang kita lewatin di jalan, misalnya : "ini gedung apa maman ? kantor yah ? kantor apa namanya ? ada siapa di dalam ? bla bla bla..." Kadang suka capek jawabin pertanyaan si Tole, panjang sih, hehehe gak papah deh nak ! Emang umurmu lagi banyak ingin tahunya yah. So gak heran kalo kosa katanya bertambah juga, kayak : "gesel (geser)", "(gegadaian) pegadaian", "gulung", "selokan". Ayo papa, lebih giat lagi belajarnya, hihihi ...
Tambah sering cerita kalo ditanya tentang apa yang dia kerjain hari itu, n kalo kita lagi di telepon, dia pasti nanya "itu siapa maman ? mau omong ama siapa ?" So far sih dia udah mulai mengerti kalau dia harus menunggu si maman selesai ngomong baru Tole bisa nanya tentang sesuatu. Tapi kalo lagi gak sabar, yah orang lagi ngomong, dia juga sibuk ikutan nanya2.

Seneng banget deh liat si 2 jagoan cilik rukun, hihihi ... love you guys ...

Dari 3 minggu lalu, Tole sudah ribut bilang "mo nek pesawat Gauda maman ....." atau " kok pesawat besar belum dateng ke amen (apartemen) jemput Ole maman ?" hehehee ...
Sabar ya sayang, minggu depan baru kita naik pesawat besar liat papi mami ya sayang, sekarang kita siap-siapin koper dulu. Ada yang mo bantuin ?

Setelah berkali-kali direncanain, akhirnya berhasil juga saya n 2 teman CCF, Mona dan Susan dulu ketemuan di Nuansa Spa-nya Susan. Kalo saya sih sudah bolak balik ketemu mereka berdua secara terpisah, tapi kalo mereka berdua sudah lama gak ketemuan karna kesibukan masing2.


8 komentar:

lesca mengatakan...

waaahhhh., mo mudik ya ry...
jangan lupa oleh2 yaaaa.... :D
btw ibu2 sekarang emang bnyk yang hobi nge-les in anak2nya. kalau anakku2, les nya tiap hari, dari senin sampe senin lagi.
maklum, les nya kan ga jauh2. cukup di rumah aja.
hehehe....
nge-les-ca maksudnya...
maksa ya... hihihi... :-P

ocha bunda alma mengatakan...

wah tole naek pesawat mau kemana? btw, mba ketinggalan crt kali ya aku tp apa asal usul tole manggil mamanya kok maman? :D

Diyah mengatakan...

Ngemeng2 ups..ngomong2 makasih doanya ya mbak, Tole & Flavien bener mo mudik? Wah asyik donk...
Ati2 & Met liburan aja yach!

Fenny Sakurawati mengatakan...

waduh ga salah tuch lesnya tiap hari? hehehe... kesian amat yak.....
Mau jalan2 kemana lagi nich sekarang.... mudik lagi? wah asik nich.....

Nia mengatakan...

wahhh tole makin pintar aja yaa, mkin cerewet juga....btw naik pesawat mau kmana? pulkam yaa...asyyik banget.....

emang kasihan ya mom kalo anak msh kecil udah disuruh les ini itu, mending nanti aja nunggu umurnya udah cukup utk menyerap kegiatan yg seabrek....

Ina mengatakan...

duh, kok sama ya mbak sama rizki, dah + cerewet. Btw, rizki jg mulai sekolah th ini, ikut2an judulnya. Spy dia bisa lbh bersosialisasi, hehehe.

chia mengatakan...

ry, sama banget deh tole sm aksan, kynya emang anak umur sgitu lg crewet2nya, nanyaaaa terusss ga brenti.. kadang sampe bingung jawabnya.. ehhehe..

日月神教-任我行 mengatakan...

走光,色遊戲,情色自拍,kk俱樂部,好玩遊戲,免費遊戲,貼圖區,好玩遊戲區,中部人聊天室,情色視訊聊天室,聊天室ut,成人遊戲,免費成人影片,成人光碟,情色遊戲,情色a片,情色網,性愛自拍,美女寫真,亂倫,戀愛ING,免費視訊聊天,視訊聊天,成人短片,美女交友,美女遊戲,18禁,三級片,自拍,後宮電影院,85cc,免費影片,線上遊戲,色情遊戲,日本a片,美女,成人圖片區,avdvd,色情遊戲,情色貼圖,女優,偷拍,情色視訊,愛情小說,85cc成人片,成人貼圖站,成人論壇,080聊天室,080苗栗人聊天室,免費a片,視訊美女,視訊做愛,免費視訊,伊莉討論區,sogo論壇,台灣論壇,plus論壇,維克斯論壇,聊天室