Sabtu, 26 Juli 2008

Liburan di Perancis


We're baaaaaaack .....
Nyampe Jakarta hari Rabu malem minggu lalu nih sodara2, tapi berhubung gak betah ngeliat 2 koper n 3 gembolan laennya bikin pemandangan di kamar gak enak, ya wis, beresin dulu deh sbelum bikin postingan tentang liburan di Perancisnya. Eh ternyata abis itu aku ngerasa gerah terus di rumah, padahal AC juga nyala terus, so yang ada aku keluar rumah terus deh, ke Mayestiklah, ke toko buku kek, pokoknya pengen jalan2 deh, walhasil nyampe di rumah, dah males duduk di depan kompi gitu. So maaf beribu maaf ya temen2, baru sekarang sempet diupdate. Pastinya liburannya asik, sayang gak bikin foto banyak cos kameranya belum sempet dibetulin saking padetnya acara (ngeles aja si mbak ini, heheh).
Alhamdulillah selama PP Tole bisa tidur pules, kebayang gak kalo cuman tidur seipet selama 16 jam penerbangan ? (eh gak ding, 14 jam penerbangan, 2 jamnya transit di s'pore).
Senengnya nyampe di Paris lagi, ngeliat apartemen kita lagi n pastinya ketemu keluarga lagi yah. Tolepun gak masalah tuk beradaptasi dengan suasana n temperatur "baru", sehat terus alhamdulillah, mamam banyak malah n tambah sayang sama mama n adi' (begini nih kalo si mas kecilku bilang "ade').
Selama di Paris kita nginep di tempat mertua yang cuman 800m dari apartemen kita. Kenapa gak di apartemen sendiri ? cos gak ada tempat tidur Aurele, trus di kamarnya Aurele juga masih ada beberapa kardus pindahan dari Tokyo taun lalu yang belum dirapi'in, so gak mungkinlah ditinggalin. N pastinya juga kalo di tempat mertua bisa sekalian pesen makanan favenya kita tanpa repot2, hehehheeeeeee asik kan tuh ? 5 hari pertama di Paris kita gunain semaksimal mungkin.
Hari pertama
Nyampe di Paris hari Rabu pagi tanggal 2 Juli. Selama perjalanan dari bandara Charles de Gaulle - rue Leon Frot (apartemen mertua, berhubung apartemen kita masih berantakan dengan karton2 pindahan dari Tokyo masih ada yang belum dibongkar, jadi ngungsi tempat mertua, kebetulan mereka juga punya tempat tidur tuk Tole, asik kan ?), si Tole bobok pules.
Kebetulan apartemen kita n mertua emang gak jauh, cuman 800 m lah jaraknya. Nyampe di apartemen, acaranya sarapan dong, wong dah jam 9.30 gitu. Sarapan istimewa (tuk aku, suami n Tole yah), pain au chocolat (roti coklat), croissant au beurre n baguette (roti pentungnya Perancis). Tole yang biasanya makan cereal tok, kali ini aku kasih kesempatan tuk nyobain sarapannya orang gede n ternyata ..... doyaann bener. Sejak itu Tole gak bisa dipisahkan dengan si roti baguette, justru ama pain au chocolate dia gak suka. Bagus deh nak, mamannya emang kurang setuju kalo kamu makan yang manis2, tar gigimu cepet rusak lagi. kalo ngeliat orang bawa roti atau roti di atas meja, dia pasti minta jatah deh, "dumpa ..dumpa .. (du pain, baca : du pang, maksudnya - roti dalam bahasa perancis)
program hari ini gak banyak, mengingat menjelang siang, kita dah ngerasain jetlek, badan kayak melayang n ngantuk. So acara hari ini cuman jalan2 yang deket2 ajah n beli keperluan yang mo dibawa ke Jkt n sabun mandi titipan temen.

Hari ke 2
Tole bangun subuh, jam 4 pagi. Setelah dikasih tau kalo in masih gelap, belum waktunya main n maman papanya capek, n tentunya dikasih nenen, bobok lagi deh si pangeran kecilku ini.
Acara siangnya ? mulai deh telpan telpon temen, say hi lah, ngatur janjian ..... Abis makan siang, kita jalan2 ke daerah Le Marais, berdua aja ama suami, Tole ama maminya (eyang putri) main di taman, abis dah keasikan main ayunan n manjat2, ajakan papa mamanya ditolak mentah2 ama Tole, "non" gitu katanya. ya wis, itung2 pacaran lagi deh, gak ada gembolan, hehheheehehe
Kita ke salah satu toko faveku yang namanya La Vaissellerie. Ini bukan toko baju yah temen2, tapi toko souvenir n barang pecah belah. Aku suka belanja di sini, ada banyak macem, harga menarik n cantik2, kalo bingung mo cari kado, ke sini aja deh. Beli titipan temen n oleh2 disini.
Dari sini, kita lanjut jalan2, ke cafe, ke toko buku n gak lupa mampir ke boulangerie n patisserie (toko roti n kue) fave kita, Le Notre. Bis itu acaranya pulang. Dah maghrib aja gitu. Makan malam dengan sahabatnya suami n istrinya di pizzaria deket apartemen.

Hari ke 3
Tuk sarapan pagi, sengaja aku, Nicolas n Aurele yang keluar tuk beli ke boulangerie deket rumah, biar si Tole bisa disuruh-suruh beli sarapan gitu besok, heheheeeeee Nah di perjalanan tuh dia seneng banget, palagi dia jalan kaki, bisa liat mobil seliweran, bis, orang nek sepeda, motor, mobil pembersih jalanan, mobil pemadam kebakaran. Apalagi waktu di boulangerie, kita minta dia tuk kasih uangnya ma si madamme penjualnya, wuih, dia rasanya bangga n seneng benerrrrrrrr
Siangnya, ada sahabat mertuaku yang cewek makan siang ama kita, sengaja dateng dari luar Paris (kayak Bogor - Jakarta lah) tuk say hi ma kita. baeknyaaaaa ... beliau ini yang dateng liburan ke indo ama mertua bulan maret lalu n dateng juga ke pernikahanku waktu itu. Selesai makan siang, Aurele jalan2 ke taman sama maminya n si Michou ini. Sementara papanya ke toko buku n aku ke apartemen kita di rue de Picpus, janjian ama Ocha, Gina n Anda jam 3 ini. Gak lupa bawa dikit cakalang saosnya resto Beautika yang bikin mereka dah ngecas ngeces sejak di telepon, heheeee Senengnya liat apartemen lagi ..... Even belum sempet divacuum lantainya, tapi acara ngobrol n makan gak keganggu, kali ini sepatu diperbolehkan masuk ke apartemenku, pengecualian, tapi biasanya, sepatu harus dicopot kalo gak mau dipelototoin ama yang punya rumah, hehehheheeeeee nasi panas n pedesnya si cakalang bikin kita2 ini berseliweran antara ruang tamu n dapur, tuk nambah makannya gituuuuuu
Selesai makan, datenglah si Tole n Nicolas. Acara ngobrol diterusin, n kebetulan juga Gina bawa anaknya Mia yang umurnya dah 5 taun. Jadi deh Tole pdkt ama Mia, lucu deh.
Makan malam, di apartemen mertua, ada anaknya Michou yang juga temennya Nicolas dateng. Acara ampe jam 12, bis itu, tidur nyenyak deh kita

Hari ke 4
Pagi itu Tole main di teras mami papinya aja, main bola sambil ikutan nyiram bunga. Kalo ada bunga jatuh, dikasih ke mamanya n disuruh disisipin ke rambutku. mmmmmuaaaaaaahhh je t'aime tres fort mon ange.
Siangnya, aku n Nicolas makan siang di creperie (resto crepe) fave kita di daerah Opera, secara si kangmas juga mo mampir ke kantornya yang emang di daerah situ. Suapan demi suapan kita hayatin bener, karna emang ini yang udah kita tuju dari Jakarta, ditemenin dengan segelas cidre, makan siangnya terasa nikmat bener. Kalo aku menang Euro Million, pasti deh aku buka creperie di Jakarta, hehehe gimana mo menang, wong maen aja gak pernah ....
Bis itu, aku ke Galerie Lafayette tuk beli titipan temen n Nicolas ke kantor. Niat hati mo jalan2 bentar n minum coklat panas aka chocolat chaud di ANGELINA di Tulleries, (pokoke yang doyan coklat n pas lagi di Paris, kudu bener makan hot choclate di sini, kalo gak rugi bener deh), tapi ternyata antrian cukup panjang n aku jadi ngerasa garing aja deh sendirian, mana udara agak panas lagi, bikin aku kegerahan n lemes, akhirnya aku putusin tuk pulang aja deh. Sambil packing tuk pergi ke Les Sables d'Olonne hari minggu paginya. Jum'at malem setelah di Tole bobok, kita pergi ke pergi Ile St Louis, tuk yang ngefans ama ice cream, kudu bener pergi ke daerah ini, yang berada di tepi sungai Seine yang cantik itu. Bertillon nama toko ice cream n sorbetnya, ice cream rumahan ini dijual juga di beberapa restoran di Ile St Louis. Gak musim dingin gak musim panas, pembeli ice cream n sorbet ini bisa ngantri ampe 25 m. So 1 scope chocolat noir (coklat hitam) n 1 scope peche (peach) dengan cepat berpindah ke lambungku dalam waktu 7 menit, heheheheee

Hari ke 5
Mertua dah siap2 tuk pergi ke Les Sables d'Olonne, di propinsi Vendee namanya. Ini terkenal dengan pantainya yang enak untuk jadi tujuan liburan keluarga. Les Sables d'olonne ini tujuan liburan musim panas keluarga suamiku, tiap tahun. Jam 11.30 mereka cabut. Buru2 deh aku macuum, toto dahar. Jam 12an, dateng deh Eliza, Regis, Ceuceu n kakaknya Lisa, si Yuli yang lagi nginep di sana. Rice cooker pesenan dah dateng n langsung deh masak nasi (maklumlah, orang Perancis gak pake rice cooker soale, jadi minjem makanya). Bis itu tamu2 laennya datang menyusul deh. Seneng banget, bocah2 pada rame, maen bareng. Ketemu Irma n Vian juga akhirnya setelah telpon2an sebelumnya. Ada lagi Poppi dengan anak suami, Ida n Wawa, Vita, Valerie, Tika n Maisya. Ngobrol ngalor ngidul. Temen2 grup nariku pada gak bisa dateng karna harus gladi resik tuk pentas akhir tahun besoknya di la Vilette. Menunya sih gak neko, wong aku juga gak sempet masak2, bukan di tempat sendiri gitu. Cuman ada peyek, kering tempe kacang, cakalang saos, poulet roti (ayam panggangnya perancis), saute de pomme de terre et carrotte (kentang n wortele dimasak dengan susu ampe kering), tomat yang cenik2 itu. Yang penting kan ketemuan yaaaaaaaaa (bela diri nih critanya).


Minggu pagi, kita berangkat ke Les Sables d'Olonne yang emang jadi tujuan lliburan musim panas keluarga suamiku. Kita bertiga plus mertua, nyewa satu rumah berkamar 2, sementara kakak ipar n anak2 nyewa rumah yang gak jauh dari tempat kita tinggal selama di sana. Tolepun anteng plenteng di kereta, heboh bener liat kereta atau metro parisien (MRT gitu). Kalo liat sapi via jendela, dia langsung bilang, "muuuuuuu". Perjalanan kita tempuh dalam waktu 4 jam 15 menit kalo gak salah, 1 kali ganti kereta di Nantes.
Hari2 kita di Les Sables d'Olonne ? pagi itu biasanya belanja ke pasar atau jalan2 di pelabuhan or pusat kota. Sorean dikit setelah si Tole bobok, baru deh pergi ke pantai ampe kira2 jam 6.30 gituh. Udara cukup enak, gak terlalu panas n gak terlalu dingin juga. Aurele seneng banget main sama sepupunya si Maxime (8,5 tahun) n Julien (7 taun). Beda bahasa gak bikin komunikasi terganggu, malah keluarga suamiku jadi ngerti beberapa kata dalam bahasa Indonesia karna Tole, lucu yah. Ngeliat Aurele lari2 di pantai bikin aku n Nicolas nyadar bener kalo anakku ini dah mulai besar, udah jadi petit garcon kalo kata orang perancis. Tapi tetep sayang n mau diuleng-uleng ama maman ya nak !

Balik lagi ke Paris tanggal 17 sore. Gak trasa waktu tuh berjalan cepet banget deh. Udah musti siap2 tuk pulang ke Jakarta lagi. Acara beli titipan temen diterusin lagi, ketemu ama temen2 lagi, jalan2 lagi, pastinya Aurele main ke taman tiap hari. Ananda seneng banget ngejar2 burung dara yang menclok di rerumputan. Apalagi kalo ada temen seumuran, pasti deh langsung dia samperin n ngajak main bareng. Sempet juga kita ke cafe favorit yang ngejual berbagai teh n kopi dari berbagai negara (termasuk Indonesia) n kangenku tuk minum coklat panas sudah terbayar. Namanya Cafe Malongo, ada juga di Galerie Lafayette Homme. Monggo mampir temen2 ...

Mertuaku yang perempuan tiba2 kasih surprise, dia dateng ke Paris hari Selasanya tuk nganterin kita ke bandara. Karna emang kan dia sempet netesin air matanya waktu ngelepas kita naik kereta tuk balik ke Paris. Semuanya juga sedih sih, Aurelepun mendadak gak mo pulang, maunya deket ama sepupunya aja. Nah, berhubung dia datengnya itu jam 3, gak lama setelahnya Tole bangun tidur. jatah makan sore yang kasih si mami (mami = eyang putri dalam bahasa Perancis), main ke taman sama mami, mandi sama mami juga, pokoknya biar si mami puas deh ama cucunya yang tinggal jauh dari Perancis ini. Semoga aja kita semua dikasih kesehatan yang baik n dilancarkan rezekinya supaya rencana taun depan tuk liburan ke Perancis n mereka ke Indonesia bisa terealisasi. Amien ....
Oya, taun ini tidak perayaan hari ultah perkawinan kami yang ke 6, cukup dirayakan dengan makan malam di pesawat yang membawa kami kembali ke Jakarta minggu lalu. Tapi bukan berarti gak special lho, justru lebih istimewa karena rencana kami tuk memberi adek tuk Aurele alhamdulillah terkabul (s smoga sehat n lancar terus). Ya allah, berikan kami semangat untuk terus memupuk hubungan kami ini, menjadi semakin bijak dalam menyikapi segala perbedaan di antara 2 insan manusia yang berbeda benua ini. Amien ...

Tentang kehamilan :
Segar bugar, ngerasa dikit banget enek cuman 2 minggu pertama aja, itu juga gak tiap hari. Cuman, idungku ini tambah sensitif lagi dengan baru kelek atau bau masakan india (kan kuat jinten n karinya tuh). Kalo di metro aku nyium bau kelek, pasti deh aku bisa muntah 1 menit kemudian. Gitu nyampe di bandara aja, ada sekelompok orang tertentu yang pesawatnya mendarat hampir bersamaan dengan pesawat kita n antri barengan kita tuk melewati petugas bea cukai. nah, disitu aku udah mabok betul deh, badan rasanya gak nginjek bumi saking aku pusing n mualnya. Waktu aku hamil Aurele, problemku cuman satu ini juga, wong gak hamil aja aku bisa muntah kalo cium bau keringat orang yang kurang sedap, heheheheee Trus aku juga gak bisa cium pupnya Aurele, so selama di Perancis yang ganti'in popoknya Aurele kalo dia pup ya suamiku atau si mami. hehehheee maaf yah, bukannya manfaatin sikon, tapi emang gak kuku nih ama bau2 .... Si bebe di dalam perut mudah-mudahan sehat terus meski aku waktu ganti kereta di Nantes pas pulang ke Paris harus lari2 dengan nggendong Aurele n bawa 2 tas agak berat, berhubung waktu tuk ganti keretanya cuman 11 menit. Gak cukup nih Pak SNCF (PJKAnya perancis), minta diperpanjang dong .......

Tentang Aurele :
Seneng karna dia sehat terus. Selama di sana tuh kan kita sering jalan kaki, so kalo di jalan dia suka girang banget kalo ngeliat bis, mobil penyapu jalan, mobil pemadam kebakaran yang dia sebut "pampom" (karna dikasih tau ama suamiku kalo bunyinya itu "pam pom pam pom ..."), tukang sapu, mobil pengeruk, orang nek sepeda, metro or kereta, burung2. Kata2 dalam bahasa Perancis ada nambah beberapa kata, gitu juga dalam bahasa indo (kayak tumpah, patun - baca : patung, . Gak bisa ngeliat keju, pasti dia minta "jatah" terus deh. Sering banget ngelus2 atau nyium perutku sambil bilang "adi' ... adi'..." (adek maksudnya)


video video

19 komentar:

Irma-MamaVian mengatakan...

Ya ampyuun bu ceritanya lengkap banget. Liburannya bener2 puas, padat dengan acara, senangnya...

Untung ga papa ya dede di perut diajak lari2 sambil gendong Tole.

Badewei ikan cakalang waktu itu mantab banget, coba2 cari resep di inet, trus coba bikin eh gagal total! Beda jauh rasanya *nyesel waktu itu ga bungkus hehehe*

Senang sekali ketemu Tole dan keluarga, jadi nambah temen. Tole mirip banget ma papanya!

lesca mengatakan...

aduh ry....., seru banget cerita liburannya....
kalau ngeliat frekeunsi belanjanya, pasti bawa oleh2nya banyak nih ya.. ;-)

untuk adi di perut ga rewel ya. jadi bisa bener2 nikmatin liburannya. btw, udah masuk berapa minggu ya jeng?

btw lagi, kalo soal bau ketek mah emang ga ibu hamil ga orang sehat, bawaannya pasti eneg dan pengen muntah. hihihihi .... :D

jadi, kapan dong kita ketemuannya????

Arie Marzuli's mengatakan...

Hehehe.. terbayarkan sudah! lengkap gitu ceritanya.. ga nongol lama.. balik dengan cerita yang menyenangkan..

Selamat Ulang Taun perkawinan ya mbak ary.. mudah2 an awet.. dan sayang sayang an terus sampe tua..

Dan kehamilannya di mudahin.. =)))

Hanif & Raihan mengatakan...

Ceritanya lengkap banget..... seru dech ya pasti..... Tole pasti seneng banget yaaa....

Gmn kabar dede di perut... ga rewel kan di bawa jalan jauh, dah berapa mgg sekarang nich.... (dah ketauan belon cewek pa cowok nich...)

ENDRIYANI mengatakan...

wow...seru bener nich tole liburannya... sempet kopdaran lagi...!!! ketemu keluarga... asik pokoknya ya...

Klo dilihat-lihat...Tole gak kaya dari Indo tapi orang sana asli nich...

Wah Tole beberapa minggu disana aja langsung bisa bahasa perancis nich...!!! Ajarin dong Talitha...

Mama Azka mengatakan...

Waaaw...seru banget ya liburannya, ketemu sodara2, temen2, Tole juga sehat, senangnya...Tole, azka juga mau dong keju Prancisnya hehehee....

Tole seneng banget yah liat Pampom, azka malah belom pernah.

Duuh..liat Tole main pasir di Pantai jadi pengen niih...

mama valisha mengatakan...

aih seru banget yak.... Tole seneng banget ya bisa liburan, ternyata lama gak ada kabarnya tuh lagi liburan ya..
selamat ya atas kehamilannya, ikut seneng deh...

Mama Ben mengatakan...

kangen banget....ma dirimu ry...hehe
postingan panjang bela2in kubaca semua saking kangen ceritanya....lengkap pula nih si ibu ceritanya.....
happy deh ya....

waaaa jauh2 dari kelek deh say hihi, biar ga mun mun ya hehehe.....

Mama Shasa Shahira mengatakan...

duh.. asik betul liburannya.. eeeh.. ada davian juga tuuh... asiik.. tole ketemu Vian juga ya...

Deasy Anastasia mengatakan...

Akhirnya pulang juga dgn postingan lengkap..hehehe..Alhamdulilliah smua sehat ya..sip deh oleh2 critanya;)

astrid savitri mengatakan...

Whaaa...seru banget ceritanya! bikin sirik aja...

Btw; Aurele mau punya adek to...wah, selamat ya!

Mamana Celia mengatakan...

coba ya itu cakalangnya bikin 3 korban perut mules2, sesak nafas, gerah hi hihi

Mama Azka mengatakan...

Upps..ada yang ketinggalan, Met ulang tahun perkawinan yang ke-6 yah, moga awet, langgeng, bahagia, kehamilannya lancar dan sehat yah. Amiin.

debbie mengatakan...

super duper lengkap!
seneng deh bacanya.....jalan2 mu kuwi enak yo rie.... Apalagi anak mu ndak rewel n bebe mu juga kooperatif banget selama di perjalanan

sekarang yang di tagih: mana nih oleh2nya...huehehehehe...mapir sana sini pastinya banyak tentengan nih :D

dwiwoelan mengatakan...

Waaaaa..seru banget ya jalan2nya..kapan aku bisa kesana yaa???

日月神教-任我行 mengatakan...

AV,無碼,a片免費看,自拍貼圖,伊莉,微風論壇,成人聊天室,成人電影,成人文學,成人貼圖區,成人網站,一葉情貼圖片區,色情漫畫,言情小說,情色論壇,臺灣情色網,色情影片,色情,成人影城,080視訊聊天室,a片,A漫,h漫,麗的色遊戲,同志色教館,AV女優,SEX,咆哮小老鼠,85cc免費影片,正妹牆,ut聊天室,豆豆聊天室,聊天室,情色小說,aio,成人,微風成人,做愛,成人貼圖,18成人,嘟嘟成人網,aio交友愛情館,情色文學,色情小說,色情網站,情色,A片下載,嘟嘟情人色網,成人影片,成人圖片,成人文章,成人小說,成人漫畫,視訊聊天室,性愛,性感影片,正妹,聊天室,
情色論壇

Anonim mengatakan...

Wow that was strange. I just wrote an incredibly long
comment but after I clicked submit my comment didn't show up. Grrrr... well I'm not writing all that
over again. Anyways, just wanted to say excellent blog!



my web site: Nike Air Max

Anonim mengatakan...

What i don't understood is if truth be told how you are no longer actually a lot more smartly-appreciated than you might be now. You are so intelligent. You realize thus considerably when it comes to this subject, produced me in my opinion imagine it from a lot of numerous angles. Its like women and men are not interested except it is one thing to accomplish with Woman gaga! Your personal stuffs great. At all times deal with it up!

Feel free to surf to my webpage - Air Max 95

Anonim mengatakan...

I really like it when folks get together and share thoughts.
Great website, stick with it!

My weblog: Nike Air Max